Pelaksanaan Program Hibah Penguatan Ekonomi Masyarakat Rukun Tetangga (RT) Di Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari SurakartaTahun 2012

Pawestri, Arinta Galih (2013) Pelaksanaan Program Hibah Penguatan Ekonomi Masyarakat Rukun Tetangga (RT) Di Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari SurakartaTahun 2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (419Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Hibah Penguatan Ekonomi masyarakat RT Di Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Surakarta Tahun 2012. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber datanya meliputi data primer yang dilakukan melalui wawancara kepada sumber data yang dicari dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Selain data primer juga didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari dokumen, laporan, perundang-undangan dan buku yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,observasi dan telaah dokumen serta kajian pustaka. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan model analisa interaktif. Hasil penelitian dapat diketahui, bahwa pelaksanaan hibah penguatan ekonomi masyarakat RT di Kelurahan Kadipiro terdiri tiga tahap yaitu Pertama , Sosialisasi oleh Bappeda melalui identifikasi dan tim pendamping yang menjelaskan rencananya akan diberikan hibah tahun 2012 , sosialisasi Dinas Koperasi dan UMKM ke kelurahan menjelaskan program hibah RT pada tahun 2012 seperti tujuan dan persyaratan permohonan dana hibah , selanjutnya , petugas desa Kadipiro sosialisasi kepada Ketua RT / RW yang menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh masing-masing RT di mengajukan permohonan hibah Penguatan mekanisme Ekonomi dan penyerahan . Sosialisasi terakhir Ketua RT kepada masyarakat yang menjelaskan RT telah menerima hibah untuk tahun 2012 sebesar Rp . 1.500.000,00. Kedua; Tahap Pelaksanaan dimulai dengan permohonan dana hibah RT, oleh para Ketua RT. Kegiatan selanjutnya penyaluran dana hibah RT yang ditransfer melalui Bank Jateng Surakarta ke rekening RT. Terakhir adalah pengelolaan oleh pengurus masing-masing RT untuk dikembangkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dana hibah dimanfaatkan untuk modal usaha, dan untuk keperluan komsumtif. Namun perlahan telah menambah penghasilan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan warga. Ketiga, pengawasan dilakukan oleh BAPPEDA oleh mengecek lapangan dan penyebaran kuesioner, dan setiap ketua RT bertanggung jawab untuk pemanfaatannya yang dikoordinasikan oleh Dinas Koperasi dan UKM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 12:27
    Last Modified: 26 Apr 2014 12:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13299

    Actions (login required)

    View Item