ANALISIS POSTUR KERJA OPERATOR DI PABRIK GENTING TANAH LIAT MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST DAN RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (Studi Kasus: Pabrik Genting Super Mantili)

Grahitomukti, Nandiwardhana (2013) ANALISIS POSTUR KERJA OPERATOR DI PABRIK GENTING TANAH LIAT MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST DAN RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (Studi Kasus: Pabrik Genting Super Mantili). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (354Kb) | Preview

    Abstract

    Kecamatan Mojolaban terkenal dengan pabrik genting yang menjadi mata pencaharian utama warga di beberapa desa. Pembuatan genting terdiri dari lima tahapan. Lima tahapan tersebut adalah pencetakan, penjemuran, peletakan genting ke tungku, dan pembakaran. Permasalahan yang timbul adalah adanya keluhan musculoskeletal yang disebabkan oleh kurang ergonomisnya postur tubuh operator pada tiap aktivitas yang dilakukan, serta terjadi repetisi gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja operator yang kurang ergonomis. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan. Tahapan tersebut adalah penentuan aktivitas yang akan dinilai, identifikasi keluhan musculoskeletal, dan penilaian postur kerja. Penentuan aktivitas digunakan untuk menjabarkan proses pembuatan genting, sehingga diketahui aktivitas yang akan dinilai. Identifikasi keluhan musculoskeletal menggunakan CMDQ. Alat ini berupa kuesioner yang dapat memetakan keluhan pada tubuh operator. Keluhan banyak dialami pada tubuh bagian atas atau upper limb. Penilaian postur kerja menggunakan QEC dan RULA. QEC merupakan alat penilaian yang memiliki dua macam penilaian, penilaian pengamat dan respon subjektif operator. RULA merupakan alat penilaian yang memiliki penilaian detail pada postur tubuh operator. Penggunaan kedua alat penilaian ini akan dibandingkan dan dapat saling melengkapi dalam penentuan level risiko tindakannya. Hasil yang diperoleh dari penilaian QEC meliputi level investigasi dan mengubah postur kerja sekarang juga pada operator pemukul tanah liat, penyusun A, dan penyusun B. Dilanjutkan dengan level investigasi lebih lanjut dan mengubah postur tubuh segera pada operator pencetak, pemutar tuas, pengangkut A, dan pengangkut B. Level investigasi segera pada operator pengangkut genting untuk dijemur dan level aman pada operator pembalik genting. Penilaian RULA memiliki level risiko tinggi yaitu investigasi dan mengubah postur kerja sekarang juga pada semua operator di setiap aktivitas. Kata kunci: alat penilaian, genting, postur kerja, analisis postur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 00:59
    Last Modified: 26 Apr 2014 00:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13275

    Actions (login required)

    View Item