UNSUR-UNSUR DRAMATIK DAN NILAI PENDIDIKAN FILM DENIAS:SENANDUNG DI ATAS AWAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP

Harnani, Santi and Suryanto, Edy and Suhita, Raheni (2013) UNSUR-UNSUR DRAMATIK DAN NILAI PENDIDIKAN FILM DENIAS:SENANDUNG DI ATAS AWAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMP. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2 (1). pp. 1-12. ISSN I2302-6405

[img] PDF - Published Version
Download (160Kb)

    Abstract

    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur dramatis yang membangun film Denias: Senandung di Atas Awan, (2) nilai pendidikan yang terkandung dalam film Denias: Senandung di Atas Awan, dan (3) relevansi film Denias: Senandung di Atas Awan sebagai media pembelajaran sastra Indonesia di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) film Denias: Senandung di Atas Awan memiliki ide cerita yang bagus, menggunakan judul yang bersifat striking statement, memiliki tema sebuah kerja keras dan perjuangan seseorang untuk mendapatkan pendidikan, dibangun di atas alur yang menarik, dan tokoh-tokohnya digambarkan dengan beberapa cara dan mengambil latar hanya di satu tempat yaitu di Papua; (2) nilai pendidikan dalam film Denias: Senandung di Atas Awan, meliputi: (a) nilai religius yang mengajarkan berserah diri kepada Tuhan, sabar dalam menghadapi cobaan, dan senantiasa mengingat Tuhan; (b) nilai moral yang mengajarkan semangat dalam mencapai cita-cita, tidak mudah menyerah, berbakti kepada orang tua, berbudi baik; (c) nilai sosial mengajarkan pentingnya kehidupan berkelompok dalam masyarakat; (d) nilai budaya yang mengajarkan sifat berbudaya seperti menjunjung budaya baik yang berlaku; dan (e) nilai estetis yang mengajarkan untuk menghargai keindahan dari sisi yang berbeda dari Papua; (3) film Denias: Senandung di Atas Awan karya John De Rantau merupakan film yang menarik untuk dijadikan media pembelajaran karena sesuai dengan kriteria media pembelajaran yang baik dan bernilai pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi pendidik dalam menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk memperhatikan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Kata kunci: sastra, drama, media pembelajaran, nilai pendidikan, karakter

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 09 Jul 2013 02:05
    Last Modified: 09 Jul 2013 02:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1327

    Actions (login required)

    View Item