MEKANISME DESAIN GRAFIS PADA SETIAP PRODUK MERCHANDISE DI MOODZ CREATIVE DESIGN & PRINTING SOLO

KURNIASARI, LATIFAH EVRY (2013) MEKANISME DESAIN GRAFIS PADA SETIAP PRODUK MERCHANDISE DI MOODZ CREATIVE DESIGN & PRINTING SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (676Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latifah Evry Kurniasari, D1309062. Mekanisme Desain Grafis Pada Setiap Produk Merchandise di Moodz Creative Design & Printing Solo, dibimbing oleh Sri Herwindya Baskara Wijaya, S. Sos, M.Si. KKM dilaksanakan penulis selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 1 Februari 2013 sampai dengan 31 Maret 2013 di Moodz Creative Design & Printing Solo, yang beralamatkan di Jl. Guntur No. 69 (Barat ISI Solo). Pelaksanaan magang mengikuti prosedur yang diberikan oleh instansi, yang berkaitan dengan jadwal masuk kerja yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan KKM yang telah dilaksanakan setiap hari Senin hingga Sabtu dengan durasi waktu 7-8 jam, mulai pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya. Kreatif desain telah dipilih penulis sebagai divisi yang dirasa penulis sesuai dengan jurusan periklanan. Dalam pelaksanaannya, yang dimulai dari tanggal 1 Februari 2013 penulis diajarkan tentang berbagai jenis merchandise serta media promosi lainnya yang dapat dihasilkan oleh pihak instansi. Proses desain merchandise di Moodz Solo dilakukan setelah desainer menerima job order dari FO, terkadang juga pemilik instansi yang langsung memberikan perintah. Dimana kemudian tugas desainer grafis dimulai dengan menggunakan perangkat lunak seperti CorelDraw dan Adobe Photoshop untuk menghasilkan sebuah desain. Penulis juga mengerjakan setiap bagian yang dikerjakan oleh karyawan lain. Termasuk mempelajari serta ikut andil dalam proses kegiatan produksi, meliputi; mencetak brosur, melakukan cutting manual (stiker, pin, kartu nama, dan lain-lain), sablon kaos, cetak pin menggunakan mesin press khusus untuk pembuatan pin, dan masih banyak hal lain. Beberapa kemajuan yang telah dicapai penulis setelah proses KKM berlangsung adalah penulis mendapatkan berbagai ilmu tentang cara mendesain merchandise dengan benar dan bertambahnya kualitas penulis dalam mendesain suatu media promosi. Sebagai hasil dari kegiatan magang yang telah dilakukan penulis selama 2 bulan ini di Moodz Solo, meliputi; desain merchandise pin dan kaos untuk AIA - Solo, brosur Gereja Paroki yang berada di Simo - Boyolali, desain stiker untuk Jali-Jali dan nonton bareng pertandingan sepakbola, desain stiker dan mug untuk Kaskus, desain voucher untuk Larissa wilayah Solo, dan lain-lain. Kata kunci : KKM, merchandise, desain ABSTRACT Latifah Evry Kurniasari, D1309062. Mechanism of Graphic Design on any Merchandise in Moodz Creative Design & Printing Solo, the adviser Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos, M.Si. KKM authors conducted for 2 months starting from the date of February 1, 2013 until March 31, 2013 in Moodz Creative Design & Printing Solo, which addressed in Guntur Street 69 (West ISI Solo). Implementation of internship following the procedure provided by the agency, which is related to the schedule of work that has been set. In KKM activities that have been carried out every day Monday to Saturday with duration of 7 - 8 hours, starting at 9am – 4pm every day. Creative design have been the author as the author perceived division in accordance with the advertising department. In practice, starting from the date of February 1, 2013 the author taught about the various types of merchandise and other promotional media that can be generated by the agency. The design process in Moodz Solo merchandise made after the designer receives a job order from the FO, sometimes also the owner of the agency directly giving orders. Where then starting with the task of graphic designers use software such as CorelDraw and Adobe Photoshop to produce a design. Authors also worked on each section is done by other employees. Including studying and taking part in the process of production activities, include; printing brochures, doing manual cutting (stickers, pins, business cards, etc.), Tshirt screen printing, press printing pin using a special machine for making pins, and many other things. Some progress has been achieved after the KKM on going writer is the author gain knowledge on how to design a variety of merchandise properly and increase the quality of the authors in designing a media campaign. As a result of the activities that have been carried authors internship for 2 months in Moodz Solo, include; merchandise pin and t-shirt design for AIA - Solo, brochures Paroki Church is located in Simo - Boyolali, sticker design for Jali-Jali, stickers and mugs for Kaskus, design voucher for Larissa Solo region, etc. Key words : KKM, merchandise, design.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 25 Apr 2014 23:09
    Last Modified: 25 Apr 2014 23:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13247

    Actions (login required)

    View Item