ANALISIS TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG MISKIN DILARANG SEKOLAH KARYA WIWID PRASETYO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

ANISYAH, ZANUARTIN (2013) ANALISIS TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG MISKIN DILARANG SEKOLAH KARYA WIWID PRASETYO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (513Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Zanuartin Anisyah. ANALISIS TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ORANG MISKIN DILARANG SEKOLAH KARYA WIWID PRASETYO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) teknik pengarang melukiskan tokoh; (2) nilai pendidikan karakter; dan (3) Relevansi isi novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo sebagai materi ajar apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data berasal dari novel dan informan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi: Content Analysis, Wawancara, dan informan kunci. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tokoh (pelukisan tokoh) dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah melalui 2 teknik, yaitu teknik analitik dan dramatik. Tokoh Faisal dilukiskan melalui teknik analitik, dan teknik dramatik; Pambudi melalui teknik dramatik; Pepeng melalui teknik analitik, dan teknik dramatik; Yudi melalui teknik analitik dan teknik dramatik; Mat Karmin melalui teknik analitik, dan teknik dramatik; Bu Mutia melalui teknik analitik, dan teknik dramatik; Karisma melalui teknik dramatik; Rena melalui teknik analitik, dan teknik dramatik; Kania melalui teknik analitik dan teknik dramatik; Pak Cokro melalui teknik analitik, dan teknik dramatik; serta Yok Bek melalui teknik analitik, dan teknik dramatik. Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah mengandung 18 nilai pendidikan karakter, yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat/komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan, (17) peduli sosial, (18) tanggung jawab. Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah dapat dijadikan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Simpulan penelitian ini adalah analisis tokoh dalam novel Orang Miskin Dilarang Sekolah melalui 2 teknik yaitu analitik, dan dramatik. Selain itu, novel tersebut terdapat 18 nilai pendidikan karakter, dan layak dijadikan sebagai materi ajar. Kata Kunci: analisis tokoh, nilai pendidikan karakter, Orang Miskin Dilarang Sekolah, materi ajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 25 Apr 2014 20:35
    Last Modified: 25 Apr 2014 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13231

    Actions (login required)

    View Item