Ekspresi Reseptor mediated endocytosis (RME) makrofag mice BALB/C meningkat setelah pemberian asetat miristic forbol (AMF)

Prayitno, Adi (2012) Ekspresi Reseptor mediated endocytosis (RME) makrofag mice BALB/C meningkat setelah pemberian asetat miristic forbol (AMF). Jurnal Medika Moewardi, 1 (1). ISSN 2301-6734

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (117Kb) | Preview

    Abstract

    Adanya reseptor-mediated endocytosis (RME) berarti agar terjadi selektivitas dan efektiftivitas dalam menangkap makromolekul. Kinase C protein (KCP) yang dapat diekspresikan oleh hampir semua sel adalah protein yang penting dalam alur sinyal transduksi yang berperan dalam sejumlah aktivitas sel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ekspresi RME setelah pemberian aktivator KCP - asetate miristik forbol (AMF) yang ditandai dengan jumlah C. albicans yang menempel pada permukaan sel makrofag. Kultur makrofag peritoneal mencit BALB/c diberi perlakuan dengan memberikan AMF dari kadar 5 ng/ml sampai 100 ng/ml selama 10 menit. Kemudian segera dimasukkan C. albicans dan diamati setiap 30 menit selama 120 menit. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan sama subyek. Data yang dikumpulkan berupa banyaknya C. albicans yang menempel pada permukaan sel makrofag dianalisis dengan uji statistik Anova (satu jalan) untuk memperlihatkan perbedaan diantara perlakuan-perlakuan Test statistik memperlihatkan perbedaan yang bermakna pada banyaknya C. albicans yang menempel pada permukaan sel makrofag setelah pemberian berbagai macam kadar AMF (p<0,001). Semakin tinggi kadar AMF yang diberikan, maka semakin banyak KCP yang aktif, semakin banyak RME yang terbentuk, semakin banyak C. albicans yang menempel pada permukaan sel makrofag. Penelitian menunjukkan bahwa AMF dapat meningkatkan ekspresi RME pada makrofag. Saran yang dapat diberikan bahwa penelitian lebih jauh tentang KCP, terutama pada makrofag, sangat dianjurkan.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 25 Apr 2014 20:11
    Last Modified: 25 Apr 2014 20:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13214

    Actions (login required)

    View Item