Dinamika Pemikiran Masyarakat Tionghoa Indonesia di Surabaya dan Malang Periode 1870-1965

Susanto, Dwi and Muslifah, Siti (2012) Dinamika Pemikiran Masyarakat Tionghoa Indonesia di Surabaya dan Malang Periode 1870-1965. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Kata kunci: figur dominan, pemikiran, dan kesusastraan Majalah sastra dan penulis bermunculan di Surabaya dan Malang. Ada perubahan formal kesusastraan yang cukup dominan, misal tema, topik, dan isi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan figur atau pemikiran yang dominan dalam kesusastraan peranakan pada periode 1870-1942, Surabaya dan Malang dan untuk memberikan uraian mengenai sebab dari perubahan tersebut. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis data sesuai dengan prosedur dalam ranah teori sosiologi sastra, yakni sastra sebagai produk sosial. Oei Soei Tiong, Ang Siong Tiauw, Tan Khing Tian, dan Tjap Goan Thay adalah figure periode 1870-1910 dan memiliki pemikiran konservatif dengan tujuan memperjuangkan mikro dan makro Khonghucu. Periode 1911-1920 diwakili oleh figur Liem Sim Djiwie dan berada dalam arus perubahan antara pemikiran konservatif, Jawa, dan modern, Tiongkok. Liem Khing Hoo, Njoo Cheong Seng, dan Ong Pik Lok adalah figur yang dominan di era 1921-1942. Liem Khing Hoo dan Njoo Cheong Seng bersifat moderat dan terbuka terhadap sumber lokal sebagai bagian identitasnya, tetapi menolak internalisasi nilai-nilai Barat dan menjadikan Barat sebagai instrumen. Ong Pik Lok menempati struktur eskapismemodern. Kelompok ini tidak mempersoalkan pilihan identitas, melakukan pelarian dari dunia realitas, dan menjadi korban materialisme dan individualisme.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 25 Apr 2014 16:52
    Last Modified: 25 Apr 2014 16:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13182

    Actions (login required)

    View Item