UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I SRANTEN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

WARDANI, ERIKA TRI (2012) UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI I SRANTEN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (557Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Erika Tri Wardani. NIM X7110014. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Sranten Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasikan puisi melalui pendekatan Whole Language pada siswa kelas III SD Negeri 1 Sranten Tahun Pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Sranten Kecamatan karanggede Kabupaten Boyolaliyang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan whole language dapat meningkatkan ketrampilan mengapresiasikan puisi khususnya dalam menulis puisi, berdasarkan hasil observasi didapatkan skor rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa 2,09 dengan kategori cukup. Pada siklus II rata-rata skor keaktifan siswa meningkat menjadi 2,89 dengan kategori baik. Dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dengan penerapan pendekatan whole language pada pembelajaranmenulis puisi maka juga mempengaruhi hasil tes siswa. pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi adalah 52,50 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 25%, siklus I nilai rata-rata kelas 65,65 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 40%, dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,30 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan pendekatan whole language dapat meningkatkan ketrampilan mengapresiasikan puisi pada siswa kelas III SD Negeri 1 Sranten Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. ABSTRACT Erika Tri wardani. NIM X7110014. Improving Writing of Poetry Ability Through Whole Language Method for the Student Class 3rd in Sranten 1 Elementary School Sub-District Karanggede, Boyolali in Academic Year 2011/2012. The Thesis, Surakarta : Pedagogic and Education Science of Sebelas Maret Unifersity. 2012. The purpose of the study is to improve the ability to appreciate poetry though whole language method for the student class 3rd in Sranten 1 elementery school academic year 2011/2012. The form of the research is classroom action research by using 2 cycles. Each cycle consist of four stages: Planning, observation and reflection. Aas the subject of the research is student class 3rd Sranten 1 elementary school Sub-district Karanggede, Boyolali regency totally 20 children. The collecting data technique is observation, documentation and test. The analyzing data technique that used is analytical interactive methods which have three components. There are data reductions, presentations conclusions or verifications. Based on this research could be concluded if Whole language method could improve the appreciate poetry ability focus on write poetry, based on the observation obtained average score of the students activity has increased on first cycle average score of the student activity is 2,09 with enough category. In the second cycle average student activity average score increase to 2,89 with good category. With the increased activity of the students with whole language method to learning to write poetry it also affect students test result. At the first condition before the action implemented the average value of the ability to write poetry is 52,50 with percentage about 25% classical exhaustiveness, the cycle 1 the average value of 65,65 with the percentage grade about 40%, and cycle 2 the average grade increase become 78, 30 a percentage about 80% classical exhaustiveness. So, it can be put forward a recommendation if the whole language method can improve students ability to write poetry in class 3rd Elementary School of Sranten 1 Sub-District Karanggede, Boyolali in academic Year 2011/2012.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 25 Apr 2014 16:42
    Last Modified: 25 Apr 2014 16:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13178

    Actions (login required)

    View Item