Kearifan Lokal Tembang Tradisional Jawa untuk Membentuk Karakter Anak

Padmaningsih, Dyah and Supardjo, and Suhita, Raheni (2012) Kearifan Lokal Tembang Tradisional Jawa untuk Membentuk Karakter Anak. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Kata kunci: tembang dolanan, pendidikan, karakter anak Penelitian ini mengkaji tentang: bentuk, fungsi, dan kearifan lokal yang terkandung dalam tembang dolanan tradisional Jawa untuk membentuk karakter anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan kearifan lokal yang terkandung dalam tembang dolanan tradisional Jawa untuk membentuk karakter anak. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di wilayah eks Karesidenan Surakarta. Sumber data berasal dari informan dan artikel, buku tentang tembang dolanan tradisional Jawa. Data penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat berbahasa Jawa yang dipakai dalam tembang dolanan tradisional bahasa Jawa. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Pelaksanaan wawancara digunakan teknik wawancara tidak berstruktur supaya data yang diperoleh benar-benar dapat dipertanggungjawabkan validitasnya. Agar data tidak banyak yang hilang maka ketika wawancara disertai dengan merekam tuturan dari informan, maupun tuturan lagu saat dinyayikan atau dimainkan. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung aktivitas anak-anak dalam bermain. Studi pustaka dengan menggunakan referensi tertulis dari buku atau artikel untuk menjabarkan dan mengembangkan data-data yang sudah ada. Analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu proses pengumpulan data berlangsung kemudian bergerak di antara reduksi data, data display, kesimpulan/verifikasi sesudah pengumpulan data dan menggunakan waktu selama proses penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, sebagai berikut: (1) bentuk gaya bahasa yang ditemukan dalam tembang dolanan tradisional Jawa adalah gaya bahasa asonansi, aliterasi dan purwakanthi lumaksita. (2) fungsi tembang dolanan tradisional sebagai: (a) media pengenalan flora dan fauna, (b) kontrol sosial, (c) alat ekspresi diri, (d) hiburan, (e) komunikasi. (3) kearifan lokal yang ditemukan adalah: (a) religius, disiplin, dan kerja keras, (b) Tolong menolong, semangat, dan tanggungjawab, (c) Menghormati, santun, dan kebersamaan, (d) kejujuran, (e) pendidikan moral, (g) pendidikan sosial.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 25 Apr 2014 16:34
    Last Modified: 25 Apr 2014 16:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13175

    Actions (login required)

    View Item