Pembuatan Prototype Mebel Permanen (Built-In) untuk Rumah Susun Sederhana Sewa sebagai Sarana Meningkatkan Produktivitas Penghuninya (Studi Kasus di Surakarta)

Sasongko, Soepono and Studyanto, , Anung B and Widaya, Rahmanu (2012) Pembuatan Prototype Mebel Permanen (Built-In) untuk Rumah Susun Sederhana Sewa sebagai Sarana Meningkatkan Produktivitas Penghuninya (Studi Kasus di Surakarta). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten dalam program penyediaan pemukiman untuk masyarakat kurang mampu yaitu dengan membangun Rumah Susun Sederhana Sewa ( Rusunawa) di berbagai daerah kota/kabupaten di Indonesia. Di kota Solo telah dibangun beberapa Rusunawa diantaranya di Begalon dengan tipe 21 dan di Jurug tipe 24 dan 28, pilihan ini karena mewakili berbagai type yang ada dan pernah mendapatkan predikat Rusunawa terbaik di Indonesia. Penghuni Rusunawa ini kebanyakan buruh tetap termasuk pegawai rendahan serta buruh serabutan yang tidak mampu membeli perabot untuk memenuhi kebutuhan hidup kesehariannya, seperti fasilitas duduk, tidur dan menyimpan barang. Kalaupun ada beberapa keluarga yang mampu membeli atau memiliki perabot jadi (ready to use) ukurannya sangat tidak cocok dengan besaran ruang yang ada di Rusunawa, sehingga ruangannya penuh sesak. Hal ini akan menimbulkan dampak psikologis penghuni sehingga mudah tersulut emosinya (marah). Penggalian data fisik bangunan serta perilaku penghuninya menjadi obyek penelitian tahap I ini guna mengetahui kebutuhan serta model yang tepat untuk pembuatan prototype mebel permanen (bulit-in). Aturan yang dicanangkan oleh UPTD Dinas Pekerjaan Umum sebagai pengelola serta kesepakatan antar warga penghuni dan juga keterbatasan ruang serta kondisi lingkungan telah menumbuhkan kebiasaan yang membentuk perilaku kolektif yang kurang sehat bagi penghuni Rusunawa. Penelitian ini mencoba mencari Solusi untuk memanusiawikan penghuni Rusunawa dengan mengkaji permasalahan yang ada untuk selanjutnya dibuatkan prototype perabot yang dibutuhkan agar penghuni bisa hidup dengan tenang, nyaman, manusiawi dan produktif. Hasil penelitian ini bisa menjadi masukan dan acuan serta rekomendasi bagi perencana bangunan Rusunawa serta instansi yang terkait sebagai penentu kebijakan agar dalam membangun Rusunawa tidak hanya menyediakan ruang kosong saja tetapi juga perabotannya. Penelitian ini adalah penelitian aksi (action research) yang diawali dengan penggalian data yang selanjutnya dianalisis untuk menjadi kajian dan eksperimen guna menemukan model atau prototype perabot yang tepat untuk penghuni Rusunawa di wilayah Indonesia khususnya di wilayah Surakarta.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 25 Apr 2014 16:07
    Last Modified: 25 Apr 2014 16:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13159

    Actions (login required)

    View Item