TEKNIK PEER-CORRECTIONUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ulfah, Maria and Fuady, Amir and Wardani, Nugraheni Eko (2013) TEKNIK PEER-CORRECTIONUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2 (1). pp. 1-12. ISSN I2302-6405

[img] PDF - Published Version
Download (145Kb)

    Abstract

    Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karya ilmiah, dan (2) untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis karya ilmiah dengan teknik peer-correction. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI Bahasa di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Data yang digunakan berupa data kualitatif berupa observasi dan wawancara serta data kuantitatif berupa hasil tes menulis karya ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan komparatif analisis kritis dengan membandingkan data dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik peer-correction. dapat meningkatkan kualitas hasil dan proses penulisan karya ilmiah belajar. Di sisi lain, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan teknik peer-correction harus disesuaikan dengan karakter peserta didik peserta, peserta didik latar belakang pengetahuan, dan jumlah peserta didik di dalam kelas. Katakunci: peer-correction, kualitas proses pembelajaran, menulis, karya ilmiah

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Artika Vety Yulianingrum
    Date Deposited: 09 Jul 2013 01:25
    Last Modified: 09 Jul 2013 01:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1310

    Actions (login required)

    View Item