KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

CAHYANI, ARLINDA DWI (2012) KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (680Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Arlinda Dwi Cahyani. KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENCAPAIAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa, (2) pola asuh orang tua yang diterapkan pada siswa, (3) kontribusi pola asuh orang tua terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa, pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 292 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 117 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan Inventori Tugas Perkembangan (ITP). Validitas angket menggunakan validitas empiris (analisis butir pernyataan). Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown memanfaatkan aplikasi SPSS 16.0. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan t-test yang kemudian menggunakan macam pengujian hipotesis uji satu fihak (One Tail Test) dengan uji fihak kiri. Adapun untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta rata-rata skor yang diperoleh adalah lebih dari 37,67 (>37,67) dan kurang dari 41,73 (<41,73), (2) Pola asuh orang tua pada siswa-siswa tersebut dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah lebih dari 46 (>46) dan kurang dari 90 (<90), (3) Ada kontribusi pola asuh orang tua terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh rx1y = 0,451 dan p=0,000 dan sumbangan prediktornya 19,7%. Kata kunci: pola asuh orang tua, tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan ABSTRACT Arlinda Dwi Cahyani, CONTRIBUTION OF PARENTS’ EDUCATION PATTERN TO THE STUDENTS’ ACHIEVEMENT LEVEL OF DEVELOPMENTAL TASKS, AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 3 SURAKARTA, Undergraduate Thesis. Education and Teacher Training Faculty of Sebelas Maret University Surakarta. December 2012. The objectives of this research are to find: (1) the students’ achievement level of developmental tasks, (2) the parents’ education pattern of students’ family, (3) the contribution of teaching education pattern of parent to the students’ achievement level of development tasks at the eighth grade students of SMP Negeri 3 Surakarta. This research is quantitative descriptive research. This research was conducted at SMP Negeri 3 Surakarta. The population of this research which consisted of 292 students. The sample of this research which consisted of 117 students. The technique of collecting the data used was questionnaire and developmental task inventory (ITP). Questionnaire validity used was empiric validity (items analyzes). Meanwhile, reliability test used was Spearman Brown with SPSS 16.0 application. The technique of analyzing the data used for the first and second hypothesis was t-test, which was continued by using One Tail Test with left tail test. Furthermore, simple linear regression technique with SPSS 16.0 was used to analyze the third hypothesis. The results of the research showed that: (1) the average score of the students’ achievement in development tasks of eighth grade students of SMP Negeri 3 Surakarta was more than 37,67 (>37,67) and less than 41,73 (<41,73), (2) the average score of parents’ education pattern of students’ family was more than 46 (>46) and less than 90 (<90), (3) there was contribution of parents’ education pattern to the students’ developmental tasks achievement. It was proven with the result of simple regression linear analysis which showed that rx1y = 0.451 and p = 0.000 and the predicator contribution was 19.7%. Key words: teaching education pattern of parents, achievement level of developmental tasks.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 24 Apr 2014 23:06
    Last Modified: 24 Apr 2014 23:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13077

    Actions (login required)

    View Item