PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN PROGRAM MOODLE DALAM PERKULIAHAN MATERI INTERFERENSI GELOMBANG

ADI, DELISMA WISNU (2013) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN PROGRAM MOODLE DALAM PERKULIAHAN MATERI INTERFERENSI GELOMBANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (338Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Delisma Wisnu Adi. PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN PROGRAM MOODLE DALAM PERKULIAHAN MATERI INTERFERENSI GELOMBANG. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis e-learning dengan program perangkat lunak moodle materi interferensi gelombang untuk perkuliahan Gelombang dan Optik di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret ditinjau dari aspek materi dan media pembelajaran. Model pengembangan penelitian ini adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Prosedur pengembangan yang dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan media oleh Borg dan Gall serta sesuai dengan metode penelitian pengembangan dari Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. Jenis data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pembuatan media melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis potensi dan kebutuhan, tahap pengumpulan data pendukung, tahap pembuatan desain media, tahap pembuatan media, dan tahap uji coba. Tahap analisis kebutuhan diperoleh pembahasan materi yang akan ditampilkan adalah interferensi gelombang. Tahap pembuatan desain dan pembuatan media diperoleh rancangan dan produk pengembangan media berupa media berbasis e-learning yang memanfaatkan fitur program Moodle yaitu fitur page, file, assigment, chat, dan forum pada menu Add an activity or a resource dengan menambahkan media berupa presentasi online Prezi dan modul materi berformat portable document format (.pdf). Tahap uji coba dilakukan dengan uji ahli, uji lapangan terbatas dan uji lapangan utama. Hasil uji ahli menunjukkan bahwa produk pengembangan media memiliki kriteria sangat baik berdasarkan penilaian kuantitatif oleh ahli materi sebesar 85,45% dan ahli media sebesar 87,78%. Uji lapangan terbatas dan uji langapan utama dilakukan kepada mahasiswa sebagai pengguna produk media, dan diperoleh kriteria sangat baik berdasarkan perolehan skor prosentase penilaian pada masingmasing uji coba sebesar 82,33% dan 76,49%. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa hasil pengembangan media berbasis elearning dengan program Moodle diperoleh kriteria sangat baik ditinjau dari aspek materi dan media. Kata kunci: fisika, media pembelajaran, e-learning, moodle. ABSTRACT Delisma Wisnu Adi. INTERACTIVE MEDIA DEVELOPMENT BASED ELEARNING PROGRAM WITH MOODLE COURSE MATERIAL INTERFERENCE IN WAVES. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University. Juli 2013. The aim of this research is to to develop media-based learning e-learning with Moodle software with matter wave interference for Waves and Optics course Physics Education Departement at the Selebas Maret University review of aspects of materials and instructional media. Development models used in this research is the procedural model is a model which is descriptive, showing the steps to be followed to produce a product in the form of instructional media. Development procedures are performed based on media development procedures by Borg and Gall as well as in accordance with the development of research methods and Innovation Policy Research Center of Education Research and Development Department of Education. The type of data obtained is qualitative and quantitative through questionnaires and interviews. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis. Media production through several phases: analysis of potential and requirement, supporting data collection phase, the design phase of the media, media-making stage, and testing phase. Requirements analysis phase and produce material that will be displayed is a wave interference. Phase the design and manufacture of obtain the design and development of media products such as media-based e-learning software that utilizes the features of Moodle that page, file, assignment, chat, and forums on the Add an activity or a resource by adding a form of media online presentations Prezi materials and modules formatted portable document format (. pdf). The test phase carried out by expert testing, limited field test and the main field test. The results of the expert testing phase showed that the product development experts have a very good criterion based on a quantitative assessment by subject matter experts at 85.45% and 87.78% of media experts. Limited field tests and main field tests conducted to the students as the users of the product, and obtained excellent criteria based on percentage gains scores on each assessment test at 82.33% and 76.49%. Based on the analysis of the data in this research, it is concluded that the results of the development of media-based e-learning with Moodle software criteria obtained excellent review of aspects of materials and media. Key words: physics, learning media, media-based e-learning, moodle.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 24 Apr 2014 22:57
    Last Modified: 24 Apr 2014 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13076

    Actions (login required)

    View Item