EVALUASI SISTEM PENAGIHAN PIUTANG SERVICE CHARGE PADA PT. BENGAWAN INTI KHARISMA

WIDHIASTUTI, RINA TRI (2013) EVALUASI SISTEM PENAGIHAN PIUTANG SERVICE CHARGE PADA PT. BENGAWAN INTI KHARISMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (659Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAKSI EVALUASI SISTEM PENAGIHAN PIUTANG SERVICE CHARGE PADA PT. BENGAWAN INTI KHARISMA Rina Tri Widhiastuti F3310104 Service charge merupakan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan jasa kepada penyewa yang menyebabkan ruangan yang disewa dapat dihuni atau digunakan sesuai dengan tujuan yang diinginkan penyewa. PT. Bengawan Inti Kharisma merupakan salah satu perusahaan yang melakukan pelayanan service charge terhadap para tenant atau penyewanya. Setiap bulannya perusahaan ini melakukan kegiatan penagihan piutang dengan menerbitkan invoice terhadap penyewa. Penagihan piutang tidak lepas dari sistem yang digunakan oleh perusahaan. Pada PT. Bengawan Inti Kharisma ini sistem yang ada terdiri dari prosedur, pihak yang terkait, fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, dan catatan akuntansi yang digunakan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem penagihan piutang terhadap service charge dan prosedur yang dijalankan apabila terjadi keterlambatan pembayaran tagihan dari penyewa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa kelebihan dan juga kelemahan tetapi sejauh ini sistem yang ada sudah berjalan dengan baik dengan adanya pemisahan fungsi dan juga pertanggungungjawaban pada setiap fungsi. Kata Kunci: Service charge, penagihan piutang, PT. Bengawan Inti Kharisma ABSTRACT EVALUASI SISTEM PENAGIHAN PIUTANG SERVICE CHARGE PADA PT. BENGAWAN INTI KHARISMA Rina Tri Widhiastuti F3310104 Service charge is services provided by service companies to tenants cause a rented room can be occupied or used in accordance with the intended purpose of tenants. PT. Bengawan Inti Kharisma is one of the companies which perform service charge against to tenants. Every month in this company happens receivable collection activities by issuing invoices to tenants. Collecting of account receivable not separated from a system used by the company. In PT. Bengawan Inti Kharisma this is the system that existed consisting of procedure, related parties, a function that related, a document used, and the accounting records used. Therefore the purpose of writing is to know how a system from collecting of service charge and how a procedure if happens delayed payment of bills from tenants. Based on result of the study found some advantages and also weakness but so far the system is already well with a separation of functions and also accountability on each function. Keyword: Service charge, collecting of account receivable, PT. Bengawan Kharisma Inti

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 24 Apr 2014 22:52
    Last Modified: 24 Apr 2014 22:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13075

    Actions (login required)

    View Item