KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM REBRANDING (Studi Deskripsi Kualitatif tentang Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Pergantian Merek dari Toni Jack’S Solo menjadi Jackstar)

SHAHNAZ, AMIRAH (2013) KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM REBRANDING (Studi Deskripsi Kualitatif tentang Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Pergantian Merek dari Toni Jack’S Solo menjadi Jackstar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (521Kb)

    Abstract

    AMIRAH SHAHNAZ. D0208001, Strategi Komunikasi Rebranding (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Integrated Marketing Communication dalam Pergantian Merek dari Toni Jack’s Solo menjadi Jackstar). Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2013. Merek merupakan bentuk komunikasi antara produk atau perusahaan dengan stakeholdernya. Di perkembangan bisnis yang kian cepat arus persaingannya, sebuah merek dituntut mampu terus bersaing dengan para kompetitornya. Setiap perusahaan melakukan berbagai cara untuk menjadikan bisnisnya tetap berjalan. Baik dari internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Perubahan merek (rebranding) memerlukan komunikasi yang tepat dan konsekuensi perubahan yang kuat. Ketika Toni Jack’s Solo merubah merek mereka menjadi Jackstar, manajemen perusahaan harus melakukan serangkaian komunikasi yang tepat untuk perubahan dari merek lama menjadi merek baru dengan tetap menjaga citra positif dari stakeholder. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi perubahan merek Jackstar melalui Integrated Marketing Communication. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif dengan metode studi deskripstif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka.. adapun langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya komunikasi dan perubahn yang dilakukan manajemen Jackstar untuk menyampaikan merek baru sampai pada tahap kesadaran merek(brand awareness). Upaya komunikasi yang dilakukan melalui Integrated Marketing Communication (IMC), yaitu melalui publisitas di media massa, publisitas dengan iklan, pemberitahuan melalui sales call dan website.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 24 Apr 2014 19:22
    Last Modified: 24 Apr 2014 19:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13062

    Actions (login required)

    View Item