PERMAINAN TIMEZONE BAGI KALANGAN REMAJA DI SOLO GRAND MALL (Studi Fenomenologi tentang Gaya Hidup Remaja yang Gemar Bermain di Timezone)

Yuniar, Desi Mulyanti (2013) PERMAINAN TIMEZONE BAGI KALANGAN REMAJA DI SOLO GRAND MALL (Studi Fenomenologi tentang Gaya Hidup Remaja yang Gemar Bermain di Timezone). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (427Kb) | Preview

    Abstract

    Desi Mulyanti Yuniar. K8409014. TIMEZONE GAMES FOR THE TEENAGERS AT SOLO GRAND MALL (Phenomenological Study of The Lifestyle of Teenagers Who Love to Play at Timezone). Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University, June. 2013. The aims of this research are: to understand (1) the reason why teenagers love to play at Timezone, and (2) the impact experienced by teenagers who like to play at Timezone. This study used a qualitative approach by using phenomenology method to explain the phenomenon of Timezone games for teenagers at Solo Grand Mall. The data has been found analyzed by using interactive analysis techniques. The sampling techniques have been done through purposive sampling and snowball sampling. Analysis has been done by using triangulation (data sources and data collection techniques). The conclusion are many reasons why teenagers love to play at Timezone and the impact of both positive and negative effects experienced by the teenagers who like to play at Timezone. The result are (a) invited by friends (b) their hobby to play, (c) Timezone is superior to other game arenas, and (d) Timezone as a prestigious game arenas. The positive impacts include: (a) as an entertainment / refreshing, (b) as a means of exercise, and (c) get more friends. The negative impact is (a) it becomes a waste, (b) forget about the time, and (c) becoming lazy. The research proves that the lifestyle of Timezone visitors is generally a consumptive and hedonistic people. The teenagers prefer to play and hanging out such as in Solo Grand Mall. Keywords: game, Timezone, Teenagers, a lifestyle. Desi Mulyanti Yuniar. K8409014. “PERMAINAN TIMEZONE BAGI KALANGAN REMAJA DI SOLO GRAND MALL (Studi Fenomenologi tentang Gaya Hidup Remaja yang Gemar Bermain di Timezone)”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni, 2013. Penelitian ini bertujuan: untuk memahami (1) alasan remaja gemar bermain di Timezone; dan (2) dampak yang dialami remaja yang gemar bermain di Timezone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk menjelaskan fenomena permainan Timezone bagi kalangan remaja di Solo Grand Mall. Data yang telah ditemukan dianalisa menggunakan teknik analisis interaktif. Teknik pengambilan cuplikan melalui purposive sampling dan snowball sampling. Uji analisis menggunakan triangulasi (sumber data dan teknik pengumpulan data). Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat berbagai alasan remaja gemar bermain di Timezone dan dampak positif maupun dampak negatif yang dialami oleh remaja yang gemar bermain di Timezone. Alasannya antara lain (a) diajak oleh teman (b) hobi bermain, (c) Timezone lebih unggul dibanding arena permainan lain, dan (d) Timezone sebagai arena permainan yang bergengsi. Dampak positif antara lain adalah (a) sebagai hiburan/refreshing, (b) sebagai sarana untuk berolah raga, dan (c) mendapatkan banyak teman. Dampak negatif diantaranya adalah (a) menjadi boros, (b) lupa waktu, dan (c) malas belajar. Analisis penelitian membuktikan bahwa Gaya hidup remaja pengunjung Timezone pada umumnya bersifat konsumtif dan hedonis. Para remaja lebih senang bermain dan berada di luar rumah seperti jalan-jalan di Solo Grand Mall. Kata kunci: permainan, Timezone, remaja, gaya hidup.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Nur Anisah
    Date Deposited: 24 Apr 2014 19:13
    Last Modified: 24 Apr 2014 19:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13058

    Actions (login required)

    View Item