PENGARUH ANTESEDEN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Kafe Mom Milk Surakarta)

AGUSTINA, ANINDYA (2013) PENGARUH ANTESEDEN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Kafe Mom Milk Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (693Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this study was to examine the factors that influence customer loyalty in service restaurant, namely cafe Mom Milk Surakarta. The sample of this study were 221 respondents who have completed the quiestionnaires. Purposive sampling method was implemented in this research with criteria that respondents who have ever eaten at Mom Milk at least once a week. After completing the data, SEM AMOS was applied to test the hypotheses that have been formulated. According on the result of SEM, this research showed that food quality, service quality, price, and atmosphere affect on satisfaction. Furthemore, food quality, service quality, and satisfaction influence trust variabel. Additionally, satisfaction and trus affect on loyalty. However, location does not affect on satisfaction and price does not influence trust. This study has examined some of the factors that influence loyalty. Nevertheless, there are several variables that may influence the effect of loyalty was not tested yet. Thus, the future study is expected to solve that limitation of this research by adding another variable. Keywords: food quality, service quality, price, location, atmosphere, satisfaction, trust and loyalty. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada jasa restoran yang mengambil sampel di kafe Mom Milk Surakarta. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 221 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling, yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah makan di kafe Mom Milk minimal satu kali dalam satu minggu. Setelah data terkumpul, SEM AMOS digunakan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis model structural (SEM) yang menguji hipotesis dalam penelitian menunjukkan bahwa kualitas makanan, kualitas layanan, harga, dan suasana berpengaruh terhadap kepuasan. Selanjutnya, kualitas makanan, kualitas layanan, dan kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan. Selain itu kepuasan dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas. Namun, lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan dan harga tidak berpengaruh terhadap kepercayaan. Penelitian ini telah meneliti beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas. Namun ada beberapa variabel yang kemungkinan berpengaruh terhadap loyalitas yang tidak diuji pengaruhnya dalam penelitian ini. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini dengan menambah variabel lain. Kata kunci : kualitas makanan, kualitas layanan, harga, lokasi, suasana, kepuasan, kepercayaan dan loyalitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 24 Apr 2014 18:23
    Last Modified: 24 Apr 2014 18:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13041

    Actions (login required)

    View Item