MODEL PERSEDIAAN FUZZY DENGAN PENGURANGAN BIAYA PEMESANAN DAN KENDALA TINGKAT LAYANAN

PRASETYAWATI, MARIA VEANY ALVITARIA (2013) MODEL PERSEDIAAN FUZZY DENGAN PENGURANGAN BIAYA PEMESANAN DAN KENDALA TINGKAT LAYANAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1028Kb) | Preview

    Abstract

    Maria Veany Alvitaria Prasetyawati. 2013. AN INVENTORY MODEL WITH FUZZY DEMAND AND ORDERING COST REDUCTION UNDER SER- VICE LEVEL CONSTRAINT. Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Sebelas Maret University. The problems in inventory management are to determine exactly how many the goods ordered and when they are ordered. This note examines the continuous review inventory model with service level constraint. The service level constraint implies that the stockout level per cycle is bounded. In this model, the assumption of normal distribution on lead time demand was given and the average demand per year are triangular fuzzy numbers. The sign distance method used to defuzzify the average demand per year. The objective of this paper is to minimize the total related cost by simul- taneously optimizing the order quantity, safety factor, lead time and ordering cost. To get the optimal policies of the fuzzy model in partial backorder case, we construct Lagrange function and provide an algorithm. A numerical example is resolved by using the proposed solution procedure and analyze the effects of the lower bound of service level and fuzzy parameter. The results from the simulation model indicated that the ordering quantity and the total cost decreased when the average demand per year decreased. The total cost increased when the service level increased. Key words: inventory model, continuous review, fuzzy, normal distribution, signed distance method, partial backorder Maria Veany Alvitaria Prasetyawati. 2013. MODEL PERSEDIAAN FUZZY DENGAN PENGURANGAN BIAYA PEMESANAN DAN KENDALA TINGKAT LAYANAN. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Se- belas Maret. Manajemen persediaan diberikan untuk menentukan berapa banyak barang yang harus dipesan dan kapan pemesanan kembali dilakukan. Penelitian ini membahas tentang model persediaan continuous review dengan kendala tingkat layanan. Kendala tingkat layanan diberikan untuk membatasi permintaan yang tidak terpenuhi. Pada model tersebut, diasumsikan permintaan selama waktu tunggu berdistribusi normal dan diberikan rata-rata permintaan mengikuti fungsi keanggotaan segitiga. Metode sign distance digunakan untuk defuzzifikasi rata- rata permintaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meminimumkan total biaya perse- diaan dengan mengoptimalkan waktu tunggu, titik pemesanan kembali, biaya pemesanan dan jumlah barang yang dipesan. Untuk memperoleh kebijakan opti- mal tersebut pada kasus partial backorder, diberikan fungsi Lagrange dan sebuah algoritma. Contoh dan analisis sensitivitas secara numerik diberikan untuk menge- tahui pengaruh perubahan tingkat layanan dan paramater fuzzy terhadap jumlah barang yang dipesan dan total biaya. Hasil contoh dan analisis sensitivitas secara numerik menunjukkan bahwa semakin rendah rata-rata permintaan maka jumlah barang yang dipesan dan total biaya akan semakin rendah. Sementara itu, total biaya persediaan akan meningkat ketika tingkat pelayanan meningkat. Kata Kunci : model persediaan, continuous review, fuzzy, distribusi normal, metode signed distance, partial backorder

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 24 Apr 2014 18:15
    Last Modified: 24 Apr 2014 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13038

    Actions (login required)

    View Item