ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKUITAS MEREK (Studi pada Pengguna Jasa RS. PKU Muhammadiyah Surakarta)

PRATIWI , AISYA ARINA (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKUITAS MEREK (Studi pada Pengguna Jasa RS. PKU Muhammadiyah Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (409Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this study was to examine the influence of antecedents service quality, customer satisfaction, brand image and brand loyalty on brand equity in the healthcare sector, namely PKU Muhammadiyah Surakarta Hospital. The data were collected by a questionnaires with involving 200 respondents. Meanwhile sample collecting was done by non-probability sampling method, namely purposive sampling with criteria respondents who have used healthcare services at PKU Muhammadiyah Surakarta Hospital at least three times in the last five years. After completing data, SEM AMOS was applied to test the hypotheses have been formulated. The results show that firstly, service quality influences on customer satisfaction and brand equity; secondly, customer satisfaction has a positive effect on brand image and brand loyalty; thirdly, brand image and brand loyalty has a significant affect on brand equity; fourthly, brand loyalty is not influenced by brand image; and the last one is customer satisfaction has no significant affect on brand equity. This study has examined the factors that influence brand equity in healthcare sector. However, there are several variables that may influence the brand equity that were not tested yet. Thus, the future researchs are expected to complete the limitation of this research. Keywords ; service quality, customer satisfaction, brand image, brand loyalty dan brand equity. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh anteseden kualitas layanan, citra merek, loyalitas merek, dan kepuasan konsumen terhadap ekuitas merek pada sektor kesehatan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling, yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah menggunakan jasa kesehatan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta sebanyak minimal tiga kali. Setelah data terkumpul, SEM AMOS digunakan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis model structural (SEM) yang menguji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan hasil antara lain : pertama, kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan ekuitas merek, kedua, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap citra merek dan loyalitas merek, ketiga, citra merek dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek, keempat, citra merek tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, dan yang terakhir adalah kepuasan konsumen tidak berpengaruh positif terhadap ekuitas merek. Penelitian ini telah meneliti beberapa faktor yang mempengaruhi ekuitas merek pada sektor kesehatan. Namun ada beberapa variabel yang kemungkinan berpengaruh terhadap ekuitas merek yang tidak diuji pengaruhnya dalam penelitian ini. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini dengan menambah variabel lain. Kata kunci : kualitas layanan, citra merek, loyalitas merek, kepuasan konsumen, dan ekuitas merek.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 24 Apr 2014 18:12
    Last Modified: 24 Apr 2014 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13037

    Actions (login required)

    View Item