FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KELUARGA ( Kasus di Perumahan Griya Permata Asri 3, Sonorejo, Kabupaten Sukoharjo )

A, Krishna Murti Swasti (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KELUARGA ( Kasus di Perumahan Griya Permata Asri 3, Sonorejo, Kabupaten Sukoharjo ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (343Kb) | Preview

    Abstract

    A national program of education for toddler cannot be succeeded without parent’s participation as a part of community. This research investigated parent’s perceptions of toddler education in economic, social and knowledge background diversity family, and a divergent Pre School as parent partner on educating their toddlers has a correlation with their participation on family education for their toddler at home. This research held at Perumahan Griya Permata Asri 3 Sonorejo, Sukoharjo. Quantitative descriptive correlation methods were used in this reseach. To generate data, we used questionnaire and interviews with all parents at research field. Data collected were analyzed by descriptive method. These research result showed that a diversity of economic, social and knowledge background of parents, and a divergent Pre School as parent partner on educating their toddlers give contribute to parent’s perception of toddler education. And parent’s knowledge gave the biggest contribution for their perception about toddler’s education at home. Meanwhile, parent’s perception has a correlation with their participation on family education for toddler at home. This mean, to increase parent’s participation, first, it is must a big attention gave to parent perception of toddlers education at home. . Key words: Perception, Participaton, Parent, Toddler education Suksesnya program nasional pendidikan anak usia dini tidak dapat dipisahkan dengan partisipasi orangtua sebagai bagian dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi yang dimiliki orangtua mengenai pendidikan anak usia dini dengan keragaman kondisi sosial ekonomi dan pengetahuan setiap keluarga, dan keberadaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini sebagai mitra orangtua dalam mendidik anak usia dini berkaitan erat dengan partisipasi aktif mereka dalam melaksanakan pendidikan bagi anak usia dini dalam keluarga. Penelitian dilakukan di Perumahan Griya Permata 3 Sonorejo, Sukoharjo Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif korelasional, dengan studi kasus sebagai pendekatannya dan sensus sebagai metode pengumpulan datanya terhadap seluruh populasi yang ada di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan lembaga PAUD sebagai mitra orangtua dalam proses pendidikan anak usia dini, latar belakang sosial ekonomi, tingkat pengetahuan dari orangtua memberi pengaruh terhadap munculnya persepsi positif mengenai pendidikan anak usia dini. Pengetahuan orangtua menjadi faktor yang memberi pengaruh terbesar pada tingkat persepsi yang dimiliki orangtua tentang pendidikan anak usia dini. Persepsi orangtua memiliki hubungan searah dengan tingkat partisipasinya dalam pendidikan bagi anak usia dini dalam keluarga, sehingga untuk meningkatkan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini, perlu diperhatikan pula bagaimana meningkatkan persepsi positif mereka tentang pendidikan anak usia dini. Kata kunci : Persepsi, Partisipasi,Orangtua, Pendidikan Anak Usia Dini

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 24 Apr 2014 17:52
    Last Modified: 24 Apr 2014 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13030

    Actions (login required)

    View Item