PENINGKATAN TATA KRAMA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KANISIUS DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DANANJAYA, ALPHONSUS (2012) PENINGKATAN TATA KRAMA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KANISIUS DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (530Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Alphonsus Dananjaya. PENINGKATAN TATA KRAMA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KANISIUS DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan tata krama pada siswa kelas IV SD Kanisisus Delanggu dengan layanan bimbingan kelompok melalui teknik permainan simulasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel input : Tata krama siswa sebelum mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok melalui teknik permainan simulasi, variabel proses : Layanan Bimbingan Kelompok melalui teknik permainan simulasi, sedangkan variabel output : Tata krama siswa setelah mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok melalui teknik permainan simulasi. Subjek penelitian ini adalah empat siswa yang tata kramanya kurang baik dengan ciri-ciri; 1) membuat gaduh/ ramai di kelas, 2) membuat gaduh/ ramai di kelas, 3) tidak santun ketika berbicara dengan Guru, 4) tidak santun ketika berbicara dengan teman. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan metode wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Lebih tepatnya menggunakan analisis pengubahan tingkah laku dari Godwin & Coates. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus diperoleh hasil perhitungan rata-rata perubahan sebesar 69,23%. Karena nilai perhitungan rata-rata perubahan sebesar 69,23% lebih besar dari standard minimum 50%, artinya perilaku tata krama pada siswa mengalami peningkatan sebesar 69,23%. Hal tersebut bermakna bahwa hipotesis tindakan pada penelitian tindakan ini terbukti kebenarannya yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan tata krama pada siswa kelas IV SD Kanisius Delanggu , Klaten, Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Kata kunci: tata krama, layanan bimbingan kelompok, permainan simulasi ABSTRACT Alphonsus Dananjaya. IMPROVED MANNERS COUNSELING SERVICES GROUP THROUGH THE SIMULATION GAMES TECHNIQUE FOURTH GRADE STUDENTS ELEMENTARY SCHOOL OF KANISIUS DELANGGU KLATEN IN THE ACADEMIC YEAR 2011/2012. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University Surakarta. December 2012. The aim of this research is to improve etiquette in the fourth grade students Kanisisus Delanggu using group counseling services through the game simulation technique. This study is an action research guidance and counseling. The variables studied in this research are input variables: Students etiquette before getting Tutoring Services Group through simulation game technique, process variables: Tutoring Services Group through simulation game technique, while the output variables: students etiquette after getting Tutoring Services Group through simulation game technique. The subjects were four students etiquette poor characterized by: 1) making noisy / crowded in the classroom, 2) make a noisy / crowded in the classroom, 3) no etiquette when talking to teachers, 4) no etiquette when talking to friends. Data collected by observation method and interview method. Data analysis in this study using quantitative analysis. More precisely using analysis of behavioral changes post rate-base rate. This research was done with three cycles obtained result calculation of the average change of 69.23%. Because the value of the calculation of the average changes of 69.23% greater than the minimum standard of 50%, it means behavior of the students manners have an increase by 69.23%. This means that the action hypothesis in this action research proved the truth proven that counseling services group with simulation games technique effectively to improve manners in the fourth grade students elementary school of Kanisius Delanggu, Klaten, in the Academic Year 2011/2012. Keywords: etiquette, group counseling services, simulation game

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 24 Apr 2014 13:58
    Last Modified: 24 Apr 2014 13:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13004

    Actions (login required)

    View Item