PEMBUATAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FLASH DI SDN KARANGASEM 1 SURAKARTA

RIZAL, AHMED KHAN (2013) PEMBUATAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FLASH DI SDN KARANGASEM 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (402Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK AHMED KHAN RIZAL, 2013. PEMBUATAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FLASH DI SDN KARANGASEM 1 SURAKARTA. Program Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pada era modern saat ini, aplikasipembelajaranberbasis flash menjadi mode tersendiri. Salah satunya dalam pendidikan, sebagai media pembelajaran sekarang cukup file dalam bentuk digital yang digunakan, bahkan tidak perlu lagi kertas sebagai media pembelajaran cetak. Aplikasi pembelajaran ini merupakan penggabungan dari berbagai komponen seperti teks, suara, gambar dan animasi yang akan membuat penyaji dan pengguna nyaman dalam menyajikan dan menerima informasi yang disajikan. Tujuan dari proyek tugas ini adalah untuk memberikan akses kemudahan dan pemahaman bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis flash ini dilakukan menggunakan beberapa software seperti Corel Draw X5, Adobe Photoshop CS5 dan Adobe Flash CS5 yang berjalan pada sistem operasi Windows. Aplikasi pembelajaran interaktif ini dirancang dan dikembangkan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi dengan cara mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan dan pencatatan data-data serta dokumentasi berbagai hal yang akan dibutuhkan. Studi pustaka dilakukan dengan cara mencari referensi dan materi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Wawancara yaitu pengumpulan data pencarian keterangan-keterangan dan informasi atau melakukan tanya jawab, baik lisan maupun tulisan dengan pihak yang bersangkutan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis flash yang akan digunakan sebagai media pembelajaran. Informasi yang akan diberikan adalah materi untuk Sekolah Dasar kelas 1 khususnya mata pelajaran matematika membilang banyak benda, membandingkan banyak benda, mengurutkan banyak benda, dan nilai tempat puluhansatuan Kata kunci : Aplikasi Belajar Interaktif, Simulasi Matematika, Flash ABSTRACT AHMED KHAN RIZAL, 2013. THE PRODUCTION OFAPPLICATION FOR MATHEMATICS LEARNING FOR FIRST GRADE OF PRIMARY HIGH SCHOOL AT SDN KARANGASEM 1 SURAKARTA. Technic Informatics Diploma III Program Faculty of Mathematics and Sciences, Sebelas Maret University, Surakarta. In the modern era, Flash based learning application has became itself mode. One of them in education, as learning media is used on digital file, moreover it doesn’t need a paper as a medium of learning. This application is a combination of learning from various components such as text, sound, pictures and animations that will make the renderer and the user comfortable in presenting and receiving the information presented. The purpose of the project task is to give facilitation access and comprehension for student of primary high school. The creation of learning application done by using some software such as Corel Draw X5, Adobe Photoshop CS5 and Adobe Flash CS5 that runs on Windows operating systems. This interactive learning Application were designed and developed using several methods, including the observation by collecting data by observation and data recording, also documentation of the various things that will be needed. Literature study done by finding references and materials related to the research conducted. The interview was done by collecting data, searching of explanation and information, or catechizing frequently asked questions, both oral and written with relevan parties. This research resulted, Interactive learning Application with base of flash that will be used as a medium of learning. The information contained is material to particular subjects of primary high school chapters counting many things, sorting a lot of things, comparing a lot of things, sorting a lot of things the tens and units values. Keywords: Interactive Learning Application, Simulation of Mathematic, Flash

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 24 Apr 2014 13:52
    Last Modified: 24 Apr 2014 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13000

    Actions (login required)

    View Item