PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR TEKNIK BATIK IKAT CELUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 1 KALIMANAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

RAHAYU, SRI URIP (2013) PENINGKATAN HASIL PRESTASI BELAJAR TEKNIK BATIK IKAT CELUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 1 KALIMANAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (325Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP N 1 Kalimanah tahun pelajaran 2012/2013 pada pembelajaran teknik batik ikat celup dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Kalimanah Purbalingga. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Adapun mekanisme kerjanya diwujudkan dalam 2 siklus. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan system spiral refleksi, yang dimulai dari perencanaan, tindakan pengamatan, refleksi, dan perencanaan kembali. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan empat teknik yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk validitas data adalah triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Berdasarkann hasil penelitian disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran langsung dengan memberikan contoh dan bimbingan langsung membuat siswa lebih aktif dan kreatif. (2) Penerapan model langsung (direct instruction) yang menekankan pada transformasi dan keterampilan secara langsung mampu meningkatkan prestasi belajar teknik batik ikat celup siswa kelas VIII B SMP N 1 Kalimanah. Peningkatan dibuktikan dengan presentasi hasil belajar batik ikat celup siswa dari 60 % pada siklus I meningkat menjadi 65 %, dan pada siklus II menjadi 74 %. Capaian itu telah melampaui indicator target yaitu 70%. Kata kunci : Prestasi belajar, teknik batik ikat celup, model pembelajaran, siswa SMP ABSTRAK The purpose of this research is to improve studying result of class VIII B SMP N 1 Kalimanah Students year 2012/2013 in learning batik ikat celup techniques by using direct instruction learning model. This research was held in SMP N 1 Kalimanah Purbalingga. Research subjects are class VIII B students which has total 34 students with details of 14 boys and 20 girls. The working mechanism were concluded in 2 cycle. Research model of class act which used on this research was reflection spiral system, which started from planning, action, observation, interview, test and documentation. Techniques used for data validity are data triangulity and informan review. Analysis techniques used comparative descriptive analysis technique and critical analysis. Based on the result of the research, it was concluded that: (1) The implementation of direct learning model by giving an example and direct consultation make student to be more active and creative. (2) the implementation of direct instruction whish points out to transformation and skill can directly improving SMP N 1 Kalimanah VIII B students ability in learning batik ikat celup techniques. The improvement proven by percentage result of students in learning techniques of batik ikat celup, from 60 %, on the first cycle increase 65 %, and the second cycle raise 74 %. The improvement has far exceed target indicator which is 70 %. Keywords : Learning improvements, batik ikat celup technique, learning model, Junior High School students

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:25
    Last Modified: 03 May 2014 17:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12978

    Actions (login required)

    View Item