UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

CAHYO, BAYU DWI (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (742Kb) | Preview

    Abstract

    ASBTRACT This research aims to improve the football under passing learning achievement using game approach in the XI Science 1 Senior High School 2 of Kebumen year of 2012/2013. This study was a Classroom Action Research (CAR). The data source in this research was the XI Science 1 Senior High School 2 of Kebumen year of 2012/2013 consisting of 29 students: 21 girls and 8 boys. The data source derived from teacher and students. Techniques of collecting data used were observation, questionnaire and documentation or archive. Technique of analyzing data used in this research was descriptive one based on the qualitative analysis with percentage. The result of research showed that the learning model with game approach could improve the learning achievement of football under passing the include affective,cognitive and psychomotor from the result of analysis obtaining the significant improvement from Pre-cycle to cycle I to cycle II. In the first cycle, the category of great result of underpassing is 3.45%, the good category is 3,45%, the sufficient category is 48,28% and the amount of passed student is 16 students. In the second cycle, the category of great result of underpassing is 24,14%, the good category is 55,17%, the sufficient category is 6,9% and the amount of passed student is 25 students. The conclusion of research was that the learning model with game approach could improve the learning achievement of football under passing of the XI Science 1 Senior High School 2 of Kebumen. Kata kunci : result, football underpassing, game approach ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar passing bawah sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 29 orang yang terdiri atas 8 siswa putra dan 21 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan lembar observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi atau arsip digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran passing bawah sepak bola melalui pendekatan bermain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepak bola yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari Prasiklus ke siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil belajar passing bawah sepak bola pada kategori Baik sekali sebesar 3,45%, baik sebesar 3,45% dan cukup sebesar 48,28%, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa. Pada siklus II hasil belajar passing bawah sepak bola dalam kategori baik sekali sebesar 24,14%, baik sebesar 55,17% dan cukup sebesar 6,9%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa. Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepak bola siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Kebumen. Kata kunci : hasil belajar, passing bawah sepak bola, pendekatan bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:27
    Last Modified: 03 May 2014 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12972

    Actions (login required)

    View Item