EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN

Waskitoningtyas, Rahayu Sri (2013) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (216Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui: (1) siswa mana yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang dikenakan model pembelajaran konvensional, kooperatif tipe TAI atau GI, (2) siswa mana yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah, (3) untuk masing-masing kategori aktivitas belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran konvensional, TAI atau GI, dan (4) untuk masing-masing jenis model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu dengan desain penelitian 3 x 3. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten semester II tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Kemudian, sampelnya dibagi dalam 3 kelompok, yaitu 2 kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Dari 65 SMP Negeri dipilih secara acak 3 SMP Negeri yang akan dijadikan tempat penelitian yaitu SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, SMP Negeri 1 Jogonalan, dan SMP Negeri 6 Klaten. Banyak anggota sampel seluruhnya adalah 282 siswa. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika dan aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) siswa yang dikenakan model pembelajaran TAI dan GI menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional, sedangkan model pembelajaran TAI menghasilkan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan model pembelajaran GI, (2) siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang atau rendah, sedangkan siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang lebih baik daripada aktivitas belajar rendah, (3) pada masing-masing kategori aktivitas belajar, baik aktivitas belajar tinggi, sedang maupun rendah, model pembelajaran TAI dan GI menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional, sedangkan model pembelajaran TAI menghasilkan prestasi belajar matematika sama baiknya dengan model pembelajaran GI, dan (4) pada masing-masing model pembelajaran, baik model pembelajaran TAI, GI maupun konvensional, prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok, siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang atau rendah, sedangkan siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah. Kata kunci: TAI, GI, Konvensional, Aktivitas Belajar. ABSTRACT The research aims to find out: (1) which students have the better learning achievement, the students who apply conventional learning model, TAI type of cooperative learning model, or GI type, (2) which students have the better learning achievement, the students who have high, medium, or low learning activities, (3) for each learning activities category, which of conventional learning model, TAI type of cooperative learning model, or GI type gives the better learning achievement, (4) for each type of learning model, which of the students with high, medium, or low learning activities gives the better learning achievement. This research was a quasi-experimental research with 3 ´ 3 factorial design. The population was the grade VIII students of Public Junior High Schools in Klaten Regency in the second semester of grade year 2012/2013. Sampling technique was done by stratified cluster random sampling. Then, the samples were divided into three groups of two experimental groups and one control group. Three of sixty five Public Junior High School were chosen randomly as the research locations. They were SMPN 1 Prambanan Klaten, SMPN 1 Jogonalan, dan SMPN 6 Klaten. The numbers of the samples were 282 students. The research instrument used was mathematics learning achievement test and student learning activities. Technique of analyzing data used was an unbalanced two way analysis of variance. Based on the results of the analysis, it can be concluded that: (1) the students who apply TAI type of cooperative learning model and GI type have mathematics learning achievement better than conventional learning model, while TAI type of cooperative learning model gives mathematics learning achievement as good as GI type, (2) the students with high learning activities has the best mathematics learning achievement compared to the students with medium or low learning activities, while the students with medium learning activities are better than the students with low learning activities, (3) for each learning activities categories of high, medium, and low, TAI type of cooperative learning model and GI type give mathematics learning achievement better than conventional learning model, while TAI type of cooperative learning model gives mathematics learning achievement as good as GI type, (4) for each learning models of conventional, TAI type, and GI type, the students with high learning activities has the best mathematics learning achievement compared to the students with medium or low learning activities, while the students with medium learning activities are better than the low one in the subject matter of the cube and block. Keywords: TAI, GI, Conventional, The Learning Activities.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:30
    Last Modified: 03 May 2014 17:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12961

    Actions (login required)

    View Item