NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SERI TERJEMAHAN RUMAH KECIL KARYA LAURA INGALLS WILDER SERTA KESESUAIANNYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI NOVEL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Yuni’ah, and Suwandi, Sarjiwi and Suhita, Raheni (2012) NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SERI TERJEMAHAN RUMAH KECIL KARYA LAURA INGALLS WILDER SERTA KESESUAIANNYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN APRESIASI NOVEL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1 (1). pp. 93-108. ISSN I2302-6405

[img] PDF - Published Version
Download (265Kb)

    Abstract

    Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan pada seri novel terjemahan Rumah Kecil karya Laura Ingalls Wilder dan kesesuaiannya sebagai materi pembelajaran apresiasi novel terjemahan bagi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan analisis isi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, nilai pendidikan dalam novel Rumah Kecil meliputi: a) nilai pendidikan agama meliputi sifat tokoh yang mengajaran cara mensyukuri nikmat dengan cara berdoa dalam segala aktivitas dan mengajarkan tentang penghargaan dan penghormatan kepada agama; (b) nilai pendidikan moral meliputi penggambaran karakter pemaaf, sopan santun, berterima kasih, bekerja keras, dan tidak putus asa; (c) nilai pendidikan sosial yang disampaikan pada umumnya mengajarkan tentang kebutuhan hidup bersama, seperti kasih sayang, tolong-menolong, kepercayaan, pengakuan, dan penghargaan; dan (d) nilai pendidikan adat/budaya yang disampaikan pada umumnya mengajarkan tentang budaya barat yang dijunjung tinggi seperti membersihkan badan pada hari tertentu, dan tidak boleh membicarakan tentang pekerjaan di meja makan. Nilai pendidikan tersebut mengandung pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa sejak dini. Kedua, berdasarkan hasil analisis nilai pendidikan, dilakukan analisis kurikulum yang terkait dengan apresiasi novel terjemahkan dan sintesis sumber data dengan informan sehingga dapat disimpulkan bahwa besar novel seri terjemahan Rumah Kecil yaitu Anak Tani, Di Tepi Sungai Plum, dan Di Pantai Danau Perak karya Laura Ingalls Wilder dapat digunakan sebagai materi pembelajaran apresiasi novel terjemahan pada siswa SMA karena sesuai dengan kurikulum dan tingkat perkembangan siswa. Kata kunci: novel terjemahan Rumah Kecil, nilai pendidikan, materi pembelajaran

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Users 838 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:51
    Last Modified: 09 Jul 2013 00:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1296

    Actions (login required)

    View Item