Hubungan Diversifikasi Pendapatan dengan Status Ketahanan Pangan dan Cara Mengatasi Kerawanan (Coping Strategy) Pangan pada Rumahtangga Penyewa Lahan Surutan Bendungan Serbaguna Wonogiri

Molo, Marcelinus and Widiyanti, Emi and Utami, Bekti Wahyu (2012) Hubungan Diversifikasi Pendapatan dengan Status Ketahanan Pangan dan Cara Mengatasi Kerawanan (Coping Strategy) Pangan pada Rumahtangga Penyewa Lahan Surutan Bendungan Serbaguna Wonogiri. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penduduk di sekitar mega proyek Bendungan Serbaguna Wonogiri pada umumnya memiliki lahan sempit atau tidak memiliki lahan sama sekali. Sebagai konsekuensinya, lahan surutan bendungan itu telah menjadi lahan usahatani. Para petani kerapkali tidak dapat panen dari lahan surutan pada saat curah hujan berlebih, padahal sekitar 1/3 petani hanya memiliki lahan pertanian surutan. Maka dari itu usaha diversifkasi di luar lahan surutan menjadi suatu prioritas tinggi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan rumahtangga, di samping institusionalisasi strategi coping untuk menghadapi masa krisis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji diversifikasi pendapatan, (2) mengkaji status ketahanan pangan rumahtangga, dan (3) mengkaji strategy rumahtangga. Studi terhadap diversifikasi pendapatan rumah tangga petani penyewa lahan surutan menunjukkan bahwa bahwa (1) rumahtangga responden pada umumnya lebih besar ketergantungannya pada usahatani ternak dan lahan surutan; (2) Semakin tinggi indeks diversifikasi semakin tinggi pendapatan rumahtangga. Sedangkan hasil terhadap studi status ketahanan pangan rumahtangga petani penyewa lahan surutan menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan petani penyewa lahan masih rendah.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 23 Apr 2014 17:52
    Last Modified: 23 Apr 2014 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12936

    Actions (login required)

    View Item