Produksi Gelatin Dari Tulang Ceker Ayam dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Dasar Pembuatan Edible Film pada Produk Pangan yang Ramah Lingkungan

Swastike, Winny and Pudjomartatmo, (2014) Produksi Gelatin Dari Tulang Ceker Ayam dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Dasar Pembuatan Edible Film pada Produk Pangan yang Ramah Lingkungan. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Gelatin merupakan suatu zat yang dapat diperolah dari hidrolisa parsial kolagen dari kulit, jaringan ikat putih dan tulang hewan. Di Indonesia Salah satu limbah (by product) yang dihasilkan dari rumah potong ayam (RPA) yang cukup berpotensi karena mengandung kolagen adalah ceker ayam (shank). Ceker ayam mengandung kolagen berkisar 9,07 %. Proses pembuatan gelatine yang berasal dari proses yang di asam kan dikenal dengan gelatin tipe A. Jenis larutan asam mempunyai karater gelatin yang berbeda. Penelitian ini mempelajari karakteristik dari jenis pelarut asam yang berbeda juga untuk mengetahui lama perendaman yang ideal dalam pelarut asam tersebut. Variable penelitian yang diamati meliputi : Rendemen,berat gelatin, Kuat Tarik, dan Viskositas. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola factorial dengan 2 faktor antara lain jenis pelarut asam (Asam Sitrat, Asam asetat, asam klorida dan asam laktat) dengan lama perendaman (12 dan 24 jam), dimana masing memiliki ulangan 3, dengan uji lanjut menggunakan Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pada parameter berat gelatin, rendemen, gel strength/kuat tarik, dan viskositas atau kekentalan karakteristik terbaik pada perlakuan dengan menggunakan asam klorida, akan tetapi karena pertimbangan pada keamanan produk yang dihasilkan maka disarankan menggunakan pelarut asam sitrat. Faktor lama perendaman terhadap karakteristik gelatin tidak menunjukan perbedaan akan tetapi menunjukan kecenderungan meningkat seiring dengan bertambahnya lama waktu perendaman. Kedua factor tidak menunjukkan adanya interaksi. Kesimpulan : faktor jenis pelarut asam berpengaruh nyata terhadap gelatine yang dihasilkan dari tulang ceker ayam, akan tetapi faktor waktu tidak berpengaruh terhadap gelatine yang dihasilkan dari tulang ceker ayam meskipun menunjukan adanya kecenderungan meningkatkan karakteristik gelatin.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 23 Apr 2014 17:44
    Last Modified: 11 Oct 2016 18:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12934

    Actions (login required)

    View Item