Pengembangan Model S-SCM Industri Furnitur Jati yang Mempertimbangkan Keberlanjutan Produksi dan Kapasitas Penyerapan Karbon

Hisjam, Muh. and Sutopo, Wahyudi and Widodo, Kuncoro Harto (2012) Pengembangan Model S-SCM Industri Furnitur Jati yang Mempertimbangkan Keberlanjutan Produksi dan Kapasitas Penyerapan Karbon. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Furnitur merupakan salah satu komoditas ekspor yang penting Jawa Tengah karena sangat berperan dalam peningkatan pendapatan asli daerah, penciptaan kesempatan kerja, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain: kekurangan bahan baku, isu deforestasi, dan ketidakseimbangan ekologis. Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah sebagai pengelola dan pemelihara hutan negara diharapkan dapat memasok log jati sebagai bahan baku industri (BBI) yang berkualitas bagi pemanufaktur secara berkelanjutan, dan juga bertugas melestarikan hutan untuk menjaga penyerapan karbon (CO2). Dengan kondisi hutan yang rusak akibat penjarahan di awal reformasi, Perum Perhutani harus dapat memanfaatkan sumber daya yang terbatas dengan luas hutan yang ada untuk memenuhi tujuan tersebut. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model sustainable supply chain (s-SC) pada hubungan antara pemasok dan pemanufaktur dalam rangka mendukung produksi furnitur yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan penyerapan karbon hutan jati dan mengusulkan model implementasi kontrak bisnis yang berguna untuk meningkatkan nilai ekonomi, nilai sosial, dan nilai lingkungan bagi pemasok kayu jati dan bagi produsen furnitur. Pada tahun pertama telah dihasilkan dua model matematis terkait hubungan antara pemasok dan pemanufaktur serta antara pemanufaktur dan pembeli luar negeri untuk mendukung produksi pada industri furnitur yang berkelanjutan. Pada tahun kedua, hasil tahap pertama akan dikembangkan untuk memformulasikan model hubungan pemasok-pemanufaktur yang melibatkan pembeli karbon dalam mendukung peningkatan penyerapan karbon hutan jati. Hasil penelitian tahun pertama ini ini diharapkan memberikan bermanfaat bagi Perum Perhutani, Pemanufaktur, dan Asmindo Solo Raya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 23 Apr 2014 17:07
    Last Modified: 23 Apr 2014 17:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12923

    Actions (login required)

    View Item