IMPLEMENTASI WEB SERVICE PADA APLIKASI REAL COUNT DAN REKAPITULASI DENGAN FRAMEWORK SPRING DANHIBERNATE STUDI KASUS PILGUB JATIM DAPIL KABUPATEN NGANJUK

MAULANA, FAJAR FARUQ (2013) IMPLEMENTASI WEB SERVICE PADA APLIKASI REAL COUNT DAN REKAPITULASI DENGAN FRAMEWORK SPRING DANHIBERNATE STUDI KASUS PILGUB JATIM DAPIL KABUPATEN NGANJUK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (192Kb) | Preview

    Abstract

    Pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah(PILKADA) saat ini sangat tergantung pada kelancaran dalam proses penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara. Pada prakteknya pada saat penghitungan hasil perolehan suara terjadi indikasi-indikasi kecurangan . Indikasi kecurangan ini tidak hanya terjadi di TPS (Tempat Pemungutan Suara) setempat tapi juga terjadi di level atas , contohnya level kecamatan atau di tempat lainnya . Hal ini disebabkan karena tidak ada pengecekan antar level perhitungan suara. Tidak Hanya indikasi kecurangan yang menjadi isu tetapi juga kecepatan dari proses perhitungan total. Banyak pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi yang cepat tentang hasil perhitungan suara dan dokumentasi yang biasa diolah dari proses PILKADA ini seperti LSM, Peneliti, dan Masyarakat yang selama ini tidak ada dokumentasi yang ter-publish dari masing – masing daerah pemilihan. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan tentang perhitungan suara serta menghasilkan data dokumentasi dan dapat diolah oleh pihak yang membutuhkan. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan cara pengumpulan datam analisa system , perancangan system dan implementasi system . Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis frameworkSpring dan Hibernatedan MySQL untuk pengelolaan database. Sebagai hasil dari tugas akhir ialah Implementasi web service pada aplikasi real count dengan framework spring dan hibernateyang menghasilkan perhitungan suarareal countdan laporanhasil rekapitulasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 23 Apr 2014 13:56
    Last Modified: 23 Apr 2014 13:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12906

    Actions (login required)

    View Item