HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS VIII SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008-2009

Siwi, Prapti Nur (2009) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS VIII SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008-2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (190Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun ajaran 2008-2009. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun ajaran 2008-2009, yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 97 siswa. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin, dan diperoleh sampel sebanyak 78 siswa yang diambil secara acak dari tiap kelas. Teknik pengumpulan data untuk variabel lingkungan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) menggunakan metode angket yang bersifat tertutup, sedangkan data untuk variabel Y diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga = 0,6017 hitung r dan pada taraf signifikansi 5% dengan N=78 diperoleh = 0,222 tabel r , karena rhitung > rtabel (0,6017 > 0,222), maka Ha yang berbunyi “Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun ajaran 2008-2009”, dinyatakan diterima. Adapun Sumbangan Relatif (SR) variabel X1 dan X2 terhadap Y masingmasing sebesar 59,29% dan 40,71%, sedangkan Sumbangan Efektif (SE) variabel X1 dan X2 terhadap Y masing-masing sebesar 21,47% dan 14,74%. Hal ini berarti bahwa lingkungan belajar dan motivasi belajar dapat memberikan dampak bagi baik buruknya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 23 Apr 2014 13:51
    Last Modified: 23 Apr 2014 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12904

    Actions (login required)

    View Item