PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Samino Sangadji, and Yulianti, and Sularmi, (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. .

[img] PDF - Published Version
Download (549Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Untuk meningatkan keterampilan menulis deskripsi pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2010 melalui pendekatan konstektual. (2) Mengatasi gendala-gendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan kontektual untuk meningkatkan keterampilan menulisdeskripsi pada mahasiswa PGSD UNS Surakarta 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus . Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah Mahasiswa semester V PGSD FKIP UNS Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/ pengamatan, kajian dokumen, tes, dan wawancara. Tehnik analisis data menggunakan teknik analisis metode interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu produksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau ferivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis deskripsi setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui pendekatan konstektual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan menulis deskripsi dari sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan siklus I ada peningkatan keterampilan menulis deskripsi dari rata-rata 65,88 menjadi 68,00 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ) 47,06% Menjadi 58,82 %. Siklus II terjadi peningkatan keeterampilan menulis deskripsi dari rata-rata siklus I yaitu 68,00 menjadi 70,24 % dan dari pencapaian KKM 58,82 % menjadi 70,59 %. Siklus III terjadi peningkatan keterampilan menulis deskripsi dari rata-rata siklus II 70,24 menjadi 73,88 dan pencapaian KKM dari 70,59 menjadi 88,24 % Berdasarkan hasil simpulan yang dibuat, dapat diajukan sebagai suatu rekomondasi bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan kontektual dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada Mahasiswa Semester V PGSD FKIP UNS Surakarta. Kata Kunci: Keterampilan Menulis dan Pendekatan Konstektual.

    Item Type: Article
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 836 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:40
    Last Modified: 01 Sep 2016 11:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1285

    Actions (login required)

    View Item