Pengembangan Metode Produksi Bahan Bakar Cair Setara Bensin dan Hidrogen Berbasis CANP (Carbon Aktif Nanoporous) dari Gasifikasi Sekam Padi dan Batubara

Arifin, Zainal and Juwana, Wibawa Endra (2012) Pengembangan Metode Produksi Bahan Bakar Cair Setara Bensin dan Hidrogen Berbasis CANP (Carbon Aktif Nanoporous) dari Gasifikasi Sekam Padi dan Batubara. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Tujuan khusus penelitian adalah bagaimana memproduksi bahan bakar cair setara bensin dan gas kaya hidrogen dari gasifikasi sekam padi-batubara berbasis CANP (carbon aktif nanoporous). Penelitian akan dilakukan dalam dua tahun. Penelitian tahun pertama bertujuan untuk mendapatkan producer gas berkadar hydrogen tinggi. Sekam padi dicampur chip batubara dan dimasukkan ke reaktor pirolisis dan gasifikasi dengan kapasitas 5 kg/jam. Bahan baku yang digunakan adalah sekam padi dan batubara dengan komposisi campuran 100% sekam padi, 75% sekam padi dan 25% batubara, 50% sekam padi dan 50% batubara, 25% sekam padi dan 75% batubara dan 100% batubara. Temperatur uap untuk gasifikasi yang digunakan adalah 400°C dan 500°C dengan rasio uap/campuran sekam dengan batubara sebesar 0,25. Dinding gasifier diberi pemanas dari listrik dengan kapasitas 4-4,5 kW. Tiga jenis penjerap digunakan dalam penelitian ini, yaitu CaO, karbon aktif kayu (KAK), dan karbon aktif batubara (KAB). Pada reaktor penjerap, temperatur reaktor dijaga pada 650oC. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa campuran 50% sekam padi dan 50% batubara memberikan konsentrasi H2 tinggi dan CO rendah. Konsentrasi H2 tertinggi yang mampu dicapai yaitu sebesar 40,5% adalah pada saat gasifikasi 50% sekam padi dan 50% batubara dengan uap bertemperatur 500°C dimana penjerap yang digunakan adalah CaO. Jenis penjerap berpengaruh pada konsentrasi H2 dan CO. Jenis penjerap CaO lebih efektif dalam meningkatkan kandungan H2 dalam gasifikasi dibandingkan dengan jenis penjerap KAK dan KAB.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 22 Apr 2014 21:32
    Last Modified: 22 Apr 2014 21:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12848

    Actions (login required)

    View Item