PEMANFAATAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) SEBAGAI PENGAWET ALAMI DAGING DAN IKAN SEGAR

Retnaningtyas, Estu and Purwani, Eni and Purwoko, Tjahjadi (2010) PEMANFAATAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) SEBAGAI PENGAWET ALAMI DAGING DAN IKAN SEGAR. HBL DIPA BLU APBN UNS. pp. 1-2.

[img] Microsoft Word (nony ,extract, antimicroba, natural preservative, Mengkudu, ekstrak, senyawa aktif, pengawet alami) - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Ekstrak buah mengkudu merupakan kandidat dari pengawet alami yang telah diujikan pada daging dan ikan segar. Secara in vitro ekstrak buah mengkudu mempunyai aktivitas sedang hingga kuat. Dari hasil in vivo tampak bahwa ekstrak ini mampu mempertahankan kualitas daging dan ikan segar hingga 16 jam, dengan kondisi fisik yang jauh lebih baik dibandingkan kontrol. Dari pengamatan fisik ini , tampak bahwa daging dan ikan yang direndam dengan ekstrak tersebut menjadi lebih kering dengan tekstur yang lebih kompak dan tidak berair. Belum optimalnya hasil pada penelitian tahun pertama dapat disebabkan oleh karena senyawa yang digunakan adalah ekstrak kasar buah mengkudu. Sehingga konsentrasi komponen aktif antimikroba yang terkandung di dalamnya relatif sedikit. Dengan demikian perlu adanya metode tambahan yang mampu memisahkan senyawa tersebut. Metode ini seperti proses partisi ataupun fraksinasi. Secara umum penelitian ini bertujuan menganalisis potensi aktivitas antimikroba dari senyawa hasil partisi ekstrak buah mengkudu terhadap aktivitas penghambatan pertumbuhan mikroba daging dan ikan segar. Secara rinci tujuannya adalah menemukan :a) pengaruh penambahan ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) terhadap kadar air, pH dan suhu daging dan ikan segar; b). efek antimikroba hasil partisi ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) terhadap aktivitas penghambatan pertumbuhan mikroba daging dan ikan segar; c). konsentrasi hambat minimum hasil partisi ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) terhadap aktivitas penghambatan pertumbuhan mikrobia daging dan ikan, d). profil Kromatografi Lapis Tipis dari hasil partisi ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) yang mempunyai aktivitas penghambatan pertumbuhan mikroba daging dan ikan segar, e) kadar optimal pengawet ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) terhadap masa simpan daging dan ikan berdasarkan penghitungan jumlah mikrobianya, f) kadar optimal pengawet ekstrak buah mengkudu (Morinda citrifolia, Linn.) terhadap sifat fisik daging dan ikan meliputi kesegaran, warna dan tekstur. Penelitian ini bersifat eksploratif yakni untuk menggali sejauh mana potensi ekstrak buah mengkudu sebagai senyawa pengawet alami pada daging dan ikan segar. Pelaksanaan penelitian menggunakan 10 mikroba uji hasil isolasi dari daging dan ikan segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air, nilai pH, dan suhu daging maupun ikan mengalami penurunan. Daya hambat optimal dari ekstrak hasil partisi dicapai pada konsentrasi 30% sementara Konsentrasi hambat minimal dicapai pada konsentrasi 20%.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 22 Apr 2014 18:40
    Last Modified: 22 Apr 2014 18:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12841

    Actions (login required)

    View Item