PRODUKSI BIOGAS DARI FECES BABI ( Potamochoerus porcus ) DENGAN VARIASI PENGENCERAN DAN LIMBAH ORGANIK DALAM DIGESTER ANAEROB

Utomo, Yohanes Tejo (2013) PRODUKSI BIOGAS DARI FECES BABI ( Potamochoerus porcus ) DENGAN VARIASI PENGENCERAN DAN LIMBAH ORGANIK DALAM DIGESTER ANAEROB. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    Limbah peternakan semakin meningkat seiring meningkatnya pertumbuhan industri ternak dalam mencukupi kebutuh masyarakat. Limbah peternakan dapat digunakan sebagai substrat organik dalam biodigester anaerob. Biodigester anaerob dengan bantuan mikroba anaerob berperan dalam pembuatan biogas, yang sering disebut teknologi biogas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi biogas dari kotoran babi ( Potamochoerus porcus) dengan variasi pengenceran dan umpan organik Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor perlakuan yaitu variasi pengenceran dan umpan organik dengan 5 ulangan. Pembuatan biogas dilakukan selama 5 minggu. Parameter yang diukur yaitu COD,TS, VS, dan volume biogas. Berdasarkan penelitian, variasi pengenceran dan umpan organik berpengaruh signifikan pada peningkatan produksi biogas. Perombakan anaerob selama 5 minggu pada rasio 1:3 menunjukkan bahwa efisiensi perombakan bahan dalam substrat (COD,TS,VS) masing-masing adalah 79%;78%; 74%. Pada pengenceran 1:1 efisiensi perombakan COD, TS, VS masing-masing 67%; 68%; 64%. Produksi biogas tertinggi pada rasio pengenceran 1:3 sebesar 0,7/l . Produksi biogas terendah pada rasio 1:1 sebesar 0,2 l/hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengenceran terhadap produksi biogas.Rasio pengenceran terbaik yang didapat dalam penelitian ini adalah 1:3 dan adanya variasi umpan organik berpengaruh terhadap produksi biogas. Kata kunci :Biodigester, Limbah Feces Babi, Variasi Pengenceran, Limbah Organik, Biodigester Anaerob.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 22 Apr 2014 15:28
    Last Modified: 22 Apr 2014 15:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12805

    Actions (login required)

    View Item