ANALISIS KOMPARATIF PEMANFAATAN KREDIT DARI KOPERASI KELOMPOK TANI (KKT) TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

Wardani, Fitri Kisworo (2013) ANALISIS KOMPARATIF PEMANFAATAN KREDIT DARI KOPERASI KELOMPOK TANI (KKT) TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (144Kb) | Preview

    Abstract

    Fitri Kisworo Wardani. H0808102. 2013. “Analisis Komparatif Pemanfaatan Kredit dari Koperasi Kelompok Tani (KKT) terhadap Pendapatan Usahatani Padi di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo”. Dibawah bimbingan Ir. Sutarto, M.Si dan R. Kunto Adi, SP. MP. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji dan membandingkan produktivitas, pendapatan, efisiensi usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari Koperasi Kelompok Tani (KKT) dan usahatani padi yang tidak memanfaatkan kredit dari Koperasi Kelompok Tani (KKT). Serta mengkaji kemanfaatan dari usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari Koperasi Kelompok Tani (KKT) dan usahatani padi yang tidak memanfaatkan kredit dari Koperasi Kelompok Tani (KKT). Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif analitik abstrak dan dilaksanakan dengan teknik survey. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Kabupaten Sukoharjo. Sampel daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling yaitu Kecamatan Sukoharjo dengan ketujuh KKT yaitu: KKT Ngudi Makmur, KKT Mekarsari Tani, KKT Tani Maju, KKT Agung Rejeki, KKT Tani Makmur III Skh, KKT Ngudi Makmur dan KKT Gaya Tani. Penentuan petani sampel menggunakan metode proportional random sampling. Petani sampel berjumlah 60 orang yang terdiri dari masingmasing 30 petani yang mengusahakan usahatani padi yang menjadi anggota dari KKT baik yang memanfaatkan maupun yang tidak memanfaatkan kredit dari KKT. Sumber dan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pencatatan, angket atau kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah (1) analisis produktivitas padi, (2) pendapatan usahatani, (3) R/C Ratio, (4) Uji t dan (5) Incremental B/C Ratio. Metode analisis data ini digunakan pada usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari KKT maupun yang tidak memanfaatkan kredit dari KKT. Dari Hasil Penelitian dapat diketahui berdasarkan uji hipotesa (uji t)dengan nilai Ftabel = 1,85, dan ttabel = 2,045 bahwa (1) Produktivitas usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari KKT lebih tinggi daripada produktivitas usahatani padi yang tidak memanfaatkan kredit dari KKT (thitung = 4,82). (2) Pendapatan usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari KKT lebih kecil dari pendapatan usahatani padi petani yang tidak memanfaatkan kredit dari KKT (thitung = 1,83). (3) Efisiensi usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari KKT lebih kecil dari efisiensi usahatani padi petani yang tidak memanfaatkan kredit dari KKT (thitung = 0,55). (4) Usahatani padi yang memanfaatkan kredit dari KKT lebih memberikan kemanfaatan daripada usahatani padi yang tidak memanfaatkan kredit dari KKT dengan nilai Incremental B/C Ratio sebesar 4,02.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 22 Apr 2014 15:11
    Last Modified: 22 Apr 2014 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12798

    Actions (login required)

    View Item