UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Penelitian Tindakan Kelas)

DATIK, (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (247Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis serta mengetahui peningkatan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan strategi siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Batik 2 Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa melalui penerapan metode tutor sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : (1) keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,22% atau 7 siswa dari 62,16% atau 22 siswa pada siklus pertama menjadi 78,38% atau 29 siswa pada siklus kedua. (2) ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14% atau 5 siswa dari 75% atau 28 siswa pada siklus pertama menjadi 89% atau 33 siswa pada siklus kedua. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya antara lain : (1) penerapan metode tutor sebaya, (2) guru membuat rencana pembelajaran terlebih dahulu sebelum mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung terarah dan terprogram, (3) guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar berikutnya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik dari segi keaktifan maupun ketuntasan belajar siswa. Kata kunci : prestasi belajar, mata pelajaran akuntansi, metode tutor sebaya ABSTRACT The purpose of this study is to investigate and describe the use of peer tutoring learning method to improve learning outcomes in accounting subjects to students in grade XI Accounting 1 SMK Batik 2 Surakarta. This research is a class action (classroom action research) using the cycle strategy. The subject of this research is a class XI student Accounting 1 SMK Batik 2 Surakarta which totaled 37 student. The object of this action research study on the various activities that occur in the classroom during the learning process. This research was carried out with collaboration between researchers, classroom teachers and involve student participation. Technique of data collecting is done by testing, observation, documentation, and interviews. The data validation uses technique method triangulation and data. The analize data with technique analize descriptive qualitative. Based on research that has been done, it can be concluded that there is increase in accounting students learning outcomes through the use of peer tutor. This is reflected by several indicators as follows : (1) student participation showing an increase 16,22% or 7 students from 62,16% or 22 students on the first cycle to be 78,38% or 29 students in the second cycle, (2) mastery learning student showing an increase 14% or 5 students from 75% or 28 students on the first cycle to be 89% or 33 students in the second cycle. This increase occurred after the teacher made some effort, among others: (1) peer tutor application of the method, (2) teachers create lesson plans prior to teaching so that learning activities can take place targeted and programmed, (3) teachers do an evaluation after the implementation of learning next to improve learning outcomes. It can be concluded that with the implementation of peer tutor learning methods to improve learning outcomes good accounting both in terms of activity and mastery learning students. Keyword: Learning achievement, Accounting lesson, Method peer tutoring,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:31
    Last Modified: 03 May 2014 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12775

    Actions (login required)

    View Item