KARAKTERISTIK KEPATUHAN DAN STATUS WAJIB PAJAK BADAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURAKARTATAHUN 2010 TUGAS AKHIR Disusun untuk

Ningsih, Fitri Lestari Setya (2013) KARAKTERISTIK KEPATUHAN DAN STATUS WAJIB PAJAK BADAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25 DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURAKARTATAHUN 2010 TUGAS AKHIR Disusun untuk. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (993Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kepatuhan dan status SPT Wajib Pajak Badan dengan menggunakan objek Wajib Pajak Badan Pasal 25 di KPP Pratama Surakarta tahun 2010. Belum adanya identifikasi karakteristik Wajib Pajak baik yang dilakukan oleh KPP atau pihak lain menjadi motivasi dalam penulisan Tugas Akhir ini. Karakteristik yang digunakan meliputi jenis usaha, bentuk hukum, wilayah kecamatan, wilayah kelurahan, dan nama Account Representative. Hasil analisis mengidentifikasikan bahwa 93% Wajib Pajak Badan melaporkan SPT tepat waktu dengan tingkat kepatuhan tertinggi dari jenis usaha Industri sebesar 100%; bentuk hukum Koperasi, Lembaga, Bendaharawan, YAY, dan tidak terkatagori sebesar 100%; Kecamatan Jebres dan Laweyan sebesar 9%; dari 47 kelurahan di Kota Surakarta, 34 kelurahan melaporkan SPT tepat waktu dengan persentase sebesar 100%; dan dari 29 AR, 17 AR menangani Wajib Pajak yang melaporkan SPT tepat waktu dengan persentase 100%. Terkait dengan status SPT, paling banyak mengalami nihil sebesar 55% dengan status nihil tertinggi dari jenis usaha Jasa sebesar 73%; bentuk hukum Bendaharawan dan Lembaga sebesar 100%; Wilayah Kecamatan Pasar Kliwon sebesar 67%; Kelurahan Baluwarti, Joyosuran, Kampung Sewu, Keprabon, Pasar Kliwon, Purwodiningratan, Sondakan, dan Tegalharjo sebesar 100%; dan AR Agus Wibowo sebesar 100%. Atas dasar hasil identifikasi, maka dapat diajukan rekomendasi yaitu dengan meningkatkan pemberian penyuluhan secara efektif dan tepat sasaran, bimbingan secara berkala pada Wajib Pajak baik itu Wajib Pajak baru maupun yang sudah lama terdaftar, dan bagi Account Representative diharapkan lebih optimal dalam melakukan pengawasan kepada Wajib Pajak. Hal ini membuat Wajib Pajak tidak berani melakukan pelanggaran sehingga akan terciptanya kepatuhan yang maksimal dalam hal pemenuhan kewajiban perpajakan. Kata Kunci: Karakteristik, Kepatuhan, Status SPT, Account Representative, Wajib Pajak Badan, Pajak Penghasilan Pasal 25. ABSTRACT The purpose of this study is to determine the compliance profile and status of the Taxpayer SPT using Taxpayer object of Article 25 in KPP Pratama Surakarta in 2010. The absence of identification of the characteristics of both the taxpayer done by KPP and other parties motivated in the writing of this final. Characteristics that are used include the type of business, legal form, districts, urban areas, and the name of the Account Representative. Results of the analysis identifies that 93% of the Taxpayer SPT are ontime compliance with the highest level of industry business types as 100%; legal form cooperatives, Institutions, Treasurer, YAY, and uncategorized as 100%; District Jebres and Laweyan as 9%; of 47 sub districts in the city of Surakarta, 34 villages SPT on time with a percentage of 100%, and from 29 AR, 17 AR handles taxpayers who reported tax return on time with 100% percentage. Associated with the status of the SPT, the most widely experienced by 55% to nil highest status of species Services business as 73%; legal forms and Institute Treasurer at 100%; sub area of Pasar Kliwon as 67%; Baluwarti, Joyosuran, Kampung Sewu, Keprabon , Pasar Kliwon, Purwodiningratan, Sondakan, and Tegalharjo Villages as 100%, and AR Agus Wibowo as 100%. Based on identification results, it may be recommended that by increasing the guidance and counseling effective and efficiently, gradually guidance to Taxpayers in both new and elder registered taxpayers, and for account representative it expected more optimum in controlling the Taxpayers. It makes the Taxpayers fearful to make violation, so, it creates the maximum compliance in fulfill the taxation obligation. Keywords: Characteristic, Compliance, SPT Status, Account Representative, Taxpayer, Income Tax Article 25.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:30
    Last Modified: 03 May 2014 17:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12774

    Actions (login required)

    View Item