PENGARUH AKTIVA TETAP, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, MARKET TO BOOK RATIO (MTB) DAN EARNING AFTER TAX (EAT) TERHADAP TINGKAT HUTANG PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan-perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2011)

RUKMANA, NURMIJAYANTI (2013) PENGARUH AKTIVA TETAP, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, MARKET TO BOOK RATIO (MTB) DAN EARNING AFTER TAX (EAT) TERHADAP TINGKAT HUTANG PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan-perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2011). Other thesis, Universitas Sevelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2714Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH AKTIVA TETAP, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, MARKET TO BOOK RATIO (MTB) DAN EARNING AFTER TAX (EAT) TERHADAP TINGKAT HUTANG PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA NURMIJAYANTI RUKMANA F1211061 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat hutang perusahaan manufaktur di Indonesia tahun 2007-2011. Karakteristik yang digunakan adalah aktiva tetap, ukuran perusahaan, profitabilitas, Market to Book Ratio (MTB) dan Earning After Tax (EAT). Populasi penelitian ini sebanyak 146 perusahaan yang listing terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel penelitian sebanyak 67 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan dengan data yang didapat dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) 2010 dan 2012. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh secara simultan variabel-variabel independen terhadap variabel dependen yaitu tingkat hutang, sedangkan uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial masing-masing variabel. Dilihat dari nilai adjusted R square, kemampuan 5 variabel bebas (aktiva tetap, ukuran perusahaan, profitabilitas, MTB dan EAT) dalam menjelaskan variabel dependen yaitu hutang sebesar 28% dan sisanya sebesar 72% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Dilihat dari uji F, terlihat bahwa secara bersama-sama variabel bebas (independen) mempengaruhi variabel dependen yaitu tingkat hutang. Sedangkan secara individual, variabel aktiva tetap dan profitabilitas tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat hutang. Variabel ukuran perusahaan dan MTB mempunyai hubungan positif dengan tingkat hutang perusahaan dan variabel EAT mempunyai hubungan negatif terhadap tingkat hutang perusahaan. Kata kunci : Tingkat Hutang, Aktiva Tetap, Ukuran Perusahaan, Market to Book Ratio (MTB), dan Earning After Tax (EAT).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 22 Apr 2014 06:18
    Last Modified: 22 Apr 2014 06:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12768

    Actions (login required)

    View Item