PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX SURAKARTA TAHUN 2013

Agustiana, Ririn (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX SURAKARTA TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sevelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (529Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK RirinAgustiana. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX SURAKARTA TAHUN 2013,Skripsi. Surakarta :FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasSebelasMaret Surakarta, Juli. 2013. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanmembacadanmenulis permulaanmelaluipenerapan model pembelajarankooperatifteknikmencaripasanganpadaanakkelompok B TK Islam BaktiIX Surakarta. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Penelitianiniberlansungsel ama tigasiklus, setiapsiklusnyaterdiridarirencana, tindakan, observasi, danrefleksi.Subjekdalampenelitianiniadalahanakkelompok B yang berjumlah 17 anak.Pengumpulan data dikumpulkandenganmetodewawancara, observasi, tes, dandokumen.Data dianalisisdengananalisisinteraktif yang meliputireduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanketuntasanmembacapermulaanpadapratindakan sebanyak 3 anak (17,64%), padasiklus I menjadi 7 anak (41,76%), padasiklus II menjadi 11 anak (64,70%), danpadasiklus III menjadi 15 anak (88,23%). Ketuntasanmenulispermulaanpadapratindakansebanyak 3 anak (17,64%), padasiklus I menjadi 5 anak (29,41%), padasiklus II menjadi 10 anak (58,82%), danpadasiklus III menjadi 14anak (82,35%). Hal inimenunjukanketercapaianindikator yang ditagetkanyaitu 80%, sedangkanhasilpenelitianmenunjukanketuntasanbaikmembacadanmenulispermula anmelebihi target indikator. Simpulandalampenelitianinipenerapan model pembelajarankooperatifteknikmencaripasangandapatmeningkatkankemampuanme mbacapermulaanmaupunmenulispermulaanpadaanakkelompok B TK Islam BaktiIX Surakarta tahun 2013. Kata kunci :Kemampuanmembaca, menulispermulaan, Model pembelajarankooperatif, teknikmencaripasangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 22 Apr 2014 06:01
    Last Modified: 22 Apr 2014 06:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12761

    Actions (login required)

    View Item