PROSES MEMBANGUN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KUDUS

Arisjanti, Nova Ayu (2013) PROSES MEMBANGUN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KUDUS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (520Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses membangun pengetahuan konseptual pada siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitiannya adalah tiga orang siswa kelas VIII dengan masing-masing kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling. Peneliti menggunakan observasi partisipasi pasif. Data penelitian ini berupa ungkapan siswa terkait dengan proses membangun pengetahuan konseptualnya. Peneliti mendokumentasikan kegiatan pembelajaran menggunakan handycam. Peneliti merekam kegiatan pembelajaran sebanyak 4 kali. Kemudian melakukan wawancara kepada subjek penelitian sebanyak 2 kali untuk setiap kegiatan pembelajaran, sehingga diperoleh 8 hasil wawancara dari setiap subjek penelitian. Wawancara pertama dilakukan setelah pembelajaran berlangsung dan wawancara kedua dilakukan 2 hari setelah wawancara pertama. Setelah diperoleh 4 data observasi terkait pelaksanaan pembelajaran dan 8 data hasil wawancara dari setiap subjek penelitian, peneliti memilih 2 data hasil observasi dan 4 data hasil wawancara dari setiap subjek penelitian yang memberikan data terlengkap. Proses analisis data dimulai dengan mengkaji seluruh data yang dipilih dari hasil rekaman pelaksanaan proses pembelajaran dan hasil wawancara. Penelitian ini mengikuti tiga tahapan analisis data kualitatif sebagaimana digariskan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas dilakukan dengan menggunakan membercheck. Penelitian ini mengungkap proses membangun pengetahuan konseptual siswa berkaitan dengan pengetahuan tentang klasifikasi dan kategori pada materi unsur-unsur kubus dan balok. Berdasarkan analisis data dari tiga orang subjek dengan kemampuan akademik tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Kudus, menunjukkan bahwa (1) Proses membangun pengetahuan konseptual pada subjek dengan kemampuan akademik rendah. Awalnya pengetahuan yang diperoleh berkaitan dengan materi yang disampaikan guru pada pembelajaran masih bersifat global. Informasi dan pengetahuan lebih detail diperoleh ketika mengerjakan tugas dari guru, dengan cara: (a) memvisualisasikan bentuk kubus dan balok ke dalam bentuk benda lain untuk mengidentifikasi unsur-unsurnya; (b) membuat hubungan antara kubus dan balok dengan menganggap keduanya mempunyai unsur yang sama; (c) membuat kategori pengelompokkan kubus dan balok dengan melihat bentuk sisinya. Subjek dengan kemampuan akademik rendah juga melakukan kegiatan lain, seperti: (a) mempelajari materi pelajaran dengan membaca buku catatan, buku paket, dan LKS; (b) menggunakan buku/catatan yang paling lengkap sebagai acuan dalam belajar; (c) mengulang materi pelajaran saat mengikuti les. (2) Proses membangun pengetahuan konseptual pada subjek dengan kemampuan akademik sedang. Awalnya pengetahuan yang diperoleh berkaitan dengan materi yang disampaikan guru pada pembelajaran masih bersifat global. Informasi dan pengetahuan lebih detail diperoleh melalui proses mengerjakan tugas dari guru, dengan cara: (a) membuat hubungan antara kubus dan balok dengan menganggap keduanya mempunyai unsur yang sama; (b) mengidentifikasi bentuk sisi pada balok melalui contoh; (c) membuat kategori pengelompokkan kubus dan balok dengan melihat bentuk sisinya. Subjek dengan kemampuan akademik sedang juga melakukan kegiatan lain, seperti: (a) membaca kembali materi pelajaran, buku paket, dan LKS; (b) menggunakan materi dari penjelasan guru sebagai acuan dalam belajar; (c) memberikan tanda jika terdapat perbedaan isi materi pada beberapa buku yang dipelajari; (d) mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh dari guru; (e) mengikuti les dan bertanya jika belum mengerti. (3) Proses membangun pengetahuan konseptual pada subjek dengan kemampuan akademik tinggi. Awalnya pengetahuan yang diperoleh belum sedetail apa yang disampaikan guru. Informasi dan pengetahuan lebih detail diperoleh ketika mengerjakan tugas dari guru, dengan cara: (a) melakukan diskusi dengan teman sebaya; (b) memvisualisasikan bentuk kubus dan balok ke dalam bentuk benda lain untuk mengidentifikasi unsur-unsurnya; (c) menentukan kriteria pengelompokkan kubus dan balok dengan melihat bentuk sisinya. Subjek dengan kemampuan akademik tinggi juga melakukan kegiatan lain, seperti: (a) membaca buku paket dalam mempelajari kembali materi pelajaran; (b) mengerjakan soal-soal latihan dengan melihat rumus dan cara penyelesaiannya pada buku panduan yang dimiliki; (c) mengikuti les, mengajukan pertanyaan, dan mengerjakan latihan soal ketika les. Kata kunci: proses membangun pengetahuan, pengetahuan konseptual, pembelajaran matematika. ABSTRACT The objective of this research is to describe the process of conceptual knowledge building of the students in Grade VIII in Mathematics learning at State Junior High School 1 of Kudus. This research used the qualitative case study method. The subjects of the research were three students in Grade VIII of the school with the high, medium, low academic abilities respectively. The subjects of the research were chosen by using the purposive sampling technique. The data of the research were gathered through the passive participatory observations. The data of the research were the students’ expressions related to the conceptual knowledge building. All of the learning activities were documented by taping them with handy camera for four times with different scenes. Then, interviews with each subject of the research were done for twice for each learning activity so that there were eight interviews for each. The first interview was held following the learning process, and the second interview was conducted two days after the first interview. After four data of the learning implementation-related observations were obtained, and eight results of the interviews with each subject of the research, two out of four data of the observations and four results of the eight results of the interviews with the subjects who gave the most complete data were chosen. The data analysis began by studying all of the data chosen from the recordings of the learning process implementation and the results of the interviews. The data were then analyzed by using the interactive technique of analysis as proposed by Miles and Huberman comprising three components, namely; data reduction, data display, and conclusion drawing. The credibility test was done by using member check technique. This study revealed the process of conceptual knowledge building relating to the classification and category knowledge at the cube and cuboid elements. Based on data analysis of the three students in Grade VIII with the high, medium, and low academic abilities respectively in mathematics learning at the cube and cuboid elements materials at State Junior High School 1 of Kudus are as follows. (1) The process of conceptual knowledge building of the subject of the research with the low academic ability. Initially the knowledge associated with submitted materials teachers are still global. The information and knowledge obtained from doing the exercises, through: (a) visualizing the shape of cube and cuboid into the other shape to identify the elements; (b) making the relation between cube and cuboid with assume that cube and cuboid have the same elements; (c) making the classification of cube and cuboid from the side of the shape. Subject with the low academic ability also doing the other activity, like: (a) learning material with reading the note book, handbook, and student’s work sheet; (b) using the complete note book as reference in the learning; (c) review the learning material when doing the courses. (2) The process of conceptual knowledge building of the subject of the research with the medium academic ability. Initially knowledge obtained from teacher in the mathematic learning still global. The information and knowledge obtained from doing the exercises, through: (a) making the relation between cube and cuboid with assume that cube and cuboid have the same elements; (b) identifying the side of shape from cuboid through example; (c) making the classification of cube and cuboid from the side of the shape. Subject with the medium academic ability also doing the other activity, like: (a) relearning the material, handbooks and student’s work sheets; (b) using material from explanation the teacher as reference in the learning; (c) giving certain signs if there are differences in the contents of the learning materials of the books learned; (d) doing the different exercises with example from the teacher; (e) attending courses and asking if don’t understand. (3) The process of conceptual knowledge building of the subject of the research with the high academic ability. Initially acquired knowledge not as detailed as what the teachers explained. The information and knowledge obtained from doing the exercises, through: (a) discussing with their friend; (b) visualizing the shape of cube and cuboid into the other shape to indentify the elements; (c) determining criteria of classification the cube and cuboid for identify the element. Subject with the high academic ability also doing the other activity, like: (a) reading the handbook when learn the material; (b) doing the exercises from the formula and solution in the handbook; (c) attending courses, asking, and doing the exercises. Keywords: the process of knowledge building, conceptual knowledge, and mathematics learning.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:34
    Last Modified: 03 May 2014 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12749

    Actions (login required)

    View Item