PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta)

Sari, Fitri Anita (2013) PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (275Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pementasan drama, kendala yang dihadapi, dan upaya untuk mengatasi kendala tersebut dalam pembelajaran apresiasi drama SMA Negeri di Surakarta yaitu di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Surakarta dan kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus ganda. Sumber data yang digunakan adalah tempat dan peristiwa berkaitan dengan lokasi dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam kelas, informan, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informant. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan simpulan. Hasil temuan penelitian tentang pembelajaran apresiasi drama SMA Negeri di Surakarta diperoleh simpulan: (1) Perencanaan pembelajaran apresiasi drama berupa silabus dan RPP. RPP di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta masih terdapat beberapa kekurangan, yaitu tidak dicantumkannya indikator pencapaian, pembagian waktu untuk setiap kegiatan pembelajaran (kegiatan awal, inti, dan penutup), dan sumber belajar yang belum dicantumkan identitasnya. Komponen penilaian pada RPP di SMA Negeri 1 Surakarta sudah lengkap, namun kriteria penilaiannya belum dikembangkan. Komponen penilaian di SMA Negeri 8 Surakarta belum memuat kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dan teknik penskoran. kriteria penilaian yang belum dikembangkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta sudah berjalan lancar dibuktikan dari guru mampu menyampaikan materi dengan metode yang inovatif, penggunaan media yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik yang aktif dan kreatif dilihat dari produk hasil karyanya, dan penilaian dilakukan dengan menilai proses dan hasilnya. (3) Pelaksanaan pementasan drama di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 8 Surakarta berupa drama pentas yang pementasannya dilakukan di kelas. Di SMA Negeri 1 Surakarta, peserta didik mementaskan drama dengan kostum dan properti lengkap. Di SMA Negeri 8 Surakarta peserta didik pentas dengan kostum seragam sekolah, namun dilengkapi beberapa properti yang mendukung. (4) Kendala yang dihadapi pada pembelajaran drama di SMA Negeri 1 Surakarta meliputi peserta didik yang banyak mengikuti organisasi di sekolah dan waktu pembelajaran di semester dua yang terbatas. Kendala pada pembelajaran di SMA Negeri 8 Surakarta meliputi kondisi sebagian kecil peserta didik yang kurang baik dan kurang berminat terhadap pembelajaran drama, fasilitas yang belum lengkap, dan waktu waktu pembelajaran di semester dua yang terbatas. (5) Upaya untuk mengatasi kendala di SMA Negeri 1 Surakarta meliputi guru selalu memantau proses pengerjaan tugas peserta didik dan berusaha agar semua materi baik teori maupun praktiknya dapat tersampaikan. Upaya untuk mengatasi kendala di SMA Negeri 8 Surakarta meliputi guru bersikap lebih sabar dan tegas, serta berusaha menyampaikan materi dengan menarik, guru tetap menggunakan fasilitas seadanya, dan kadang mengajak peserta didik ke ruang multimedia, serta guru juga berusaha menggunakan waktu pembelajaran dengan efektif, dan melibatkan peserta didik untuk mendapatkan materi sendiri. Kata kunci: pembelajaran, apresiasi, pementasan, drama

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:35
    Last Modified: 03 May 2014 17:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12746

    Actions (login required)

    View Item