UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DAN KONTROL SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X C SMA NEGERI 1 JATINOM TAHUN AJARAN 2012/2013

KHOLID, MUHAMMAD IMAM (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DAN KONTROL SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X C SMA NEGERI 1 JATINOM TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (492Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah dan kontrol sepak bola menggunakan modifikasi alat pembelajaran pada siswa kelas X C SMA Negeri 1 Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Jatinom Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 24 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan tes, obeservasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian hasil belajar passing bawah dan kontrol sepak bola. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dan kontrol sepak bola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran pada pratindakan bersifat konvensional, tidak menggunakan model-model pembelajaran yang bersifat inovatif sehingga hasil belajar siswa rendah. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I. Hasil belajar siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II memberikan perubahan yang lebih baik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar serta menciptakan suatu pembelajaran yang berkualitas. Pada siklus I kemampuan dan hasil belajar passing bawah dan kontrol sepak bola siswa mencapai 63,89% atau sebanyak 23 siswa dari 36 siswa yang sudah masuk kriteria tuntas. Nilai ratarata psikomotor, afektif dan kognitif siklus I siswa yaitu, 74.46, 75.65 dan 72.92. Pada siklus II kemampuan dan hasil belajar passing bawah dan kontrol sepak bola siswa mencapai 83,34% atau sebanyak 30 siswa dari 36 siswa yang sudah masuk kriteria tuntas sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata psikomotor, afektif dan kognitif siklus II siswa yaitu, 76.51, 75.72, dan 80.69 dengan KKM 75. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dan kontrol sepak bola pada siswa kelas X C SMA Negeri 1 Jatinom Tahun Ajaran 2012/2013. Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah Dan Kontrol Sepak Bola,Pemanfaatan Modifikasi Alat Pembelajaran, Peningkatan Hasil Belajar. The purpose research is to improve the learning result of football short pass and control by using modified learning tools in X C grade students of SMA 1 JATINOM academic year 2012/2013. This research is a class act research. This research was conducted in two cycles, with each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Sources of data in this research is the X C grade students of SMA 1 JATINOM academic year 2012/2013 the 36 students consists of 12 boys and 24 girls students. Data collection techniques by testing, observation, interviews, documentation and rating learning result of short pass and control in football. The data validity uses data triangulation technique. The data analysis uses descriptive techniques that are based on the percentage of a qualitative analysis. The research results indicates that the modification through a learning tools can improve the learning football short pass and control from pre-cycle to first cycle and from first cycle to second cycle. Learning at the pre-action is conventional, not using learning innovative models so makes the student learning outcomes are low. From the analysis, obtained a significant improvement from pre-cycle to cycle I. The student learning outcomes are increased, although not optimal yet. The implementation of the second cycle gives a better change that can improve learning outcomes and creating a quality learning. In the first cycle, the ability students and the learning result of football short pass and control reaches 63.89% or as many as 23 students are completed entry criteria of the 36 students. The average value of psychomotor, affective and cognitive students at the first cycle are, 74.46, 75.65 dan 72.92. At the second cycle, the ability students and the learning result of football short pass and control reaches 83.34% or as many as 30 students are completed entry criteria of the 36 students whereas the 6 other students are uncompleted. The average value of psychomotor, affective and cognitive students at the first cycle are, 76.51, 75.72, dan 80.69 with 75 of KKM. The conclusion of this research is the using of modified learning tools can improve the learning result of football short pass and control in X C grade students of SMA 1 JATINOM academic year 2012/2013. Key Words : Learning Result, Football Short Pass and Control, Modification Utilization of Learning Tools, Improvement of Learning Results.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 17:36
    Last Modified: 03 May 2014 17:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12742

    Actions (login required)

    View Item