PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR DALAM GRUP BERBASIS LMS UNTUK MEMONITOR BELAJAR MAHASISWA DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANIMAL EMBRYOLOGY (SBI PROGRAM) DI P. BIOLOGI FKIP UNS

, Harlita and Probosari, Riezky Maya (2012) PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR DALAM GRUP BERBASIS LMS UNTUK MEMONITOR BELAJAR MAHASISWA DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANIMAL EMBRYOLOGY (SBI PROGRAM) DI P. BIOLOGI FKIP UNS. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 329-332.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (199Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: 1. Penggunaan jurnal belajar berbasis LMS untuk memonitor kemajuan belajar mahasiswa secara efektif, 2. Efektivitas jurnal belajar berbasis LMS pada mata kuliah Animal Embryology dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dan 3. Kesan dan tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan jurnal belajar berbasis LMS pada mata kuliah Animal Embryology. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian penelitian eksperimental semu dengan populasi mahasiswa pendidikan Biologi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta Semester VI tahun 2010 program SBI sebanyak 21 mahasiswa Produk penelitian ini adalah jurnal belajar dalam grup berbasis LMS. Desain penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen, dengan rancangan post test only design. Mahasiswa mengirimkan hasil jurnal belajarnya lewat LMS dengan moodle.Diberikan batas waktu pengiriman jurnal belajar sebagai indikator untuk memonitor belajar mahasiswa. Sedangkan untuk pemahaman mahasiswa pada materi Animal Embryology didapat dari nilai tes kognitif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa Penggunaan jurnal belajar berbasis LMS : (1) efektif untuk memonitor kemajuan belajar mahasiswa, (2). efektif meningkatkan Pemahaman mahasiswa pada Mata kuliah Animal Embryology dan (3) penilaian performansi dosen dalam pembelajaran meningkat. Keywords: jurnal belajar, LMS, animal embryology.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 22 Apr 2014 03:28
    Last Modified: 22 Apr 2014 03:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12739

    Actions (login required)

    View Item