PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA SISWA KELAS VIII-A DI MTs. MIFTAHUL HUDA JATISARI 2011/2012

Fatkhurrokhim, M. Agung and Utami, Budhi (2012) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA SISWA KELAS VIII-A DI MTs. MIFTAHUL HUDA JATISARI 2011/2012. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 317-321.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (348Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pada Problem Based Learning pembelajaran ditekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan konsepmateri yang dipelajari dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari- hari.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A MTs. Miftahul Huda Jatisari setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan 3 kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A tahun pelajaran 2011/2012 MTs Miftahul Huda Jatisari Ds. Krenceng Kec. Kepung Kab. Kediri berjumlah 20 siswa. Data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan, sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan membandingkan skor tes sebelum tindakan dengan skor tes dalam tindakan siklus I dan siklus II serta ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus. Instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi kegiatan guru dan siswa, serta catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal prinsip yang harus diperhatikan untuk dapat menerapkan 5 tahapan PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu: (1) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan memperhatikan kekhasan materi yang dipilih oleh peneliti, (2) memilih materi yang karakternya mengharuskan siswa berinteraksi dengan kehidupan nyata, (3) membuat permasalahan yang kompleks, (4) menetapkan alokasi waktu dengan tepat, Aktivitas siswa 61,76% (cukup baik) di siklus 1 meningkat menjadi 77,81% (baik) di siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa materi pertumbuhan dan perkembangan diperoleh data sebanyak 55% (11 siswa) memperoleh nilai  nilai KKM di siklus 1 meningkat sebesar 30% sehingga menjadi 85% (17 siswa) di siklus 2. Keywords: Problem Based Learning (PBL), aktivitas, hasil belajar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 22 Apr 2014 03:12
    Last Modified: 22 Apr 2014 03:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12737

    Actions (login required)

    View Item