EFEKTIVITAS JALAN SATU ARAH DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2009

Wijaya, Lina (2013) EFEKTIVITAS JALAN SATU ARAH DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas, Jalan, Satu Arah, Effectiveness, Street, One Way) - Published Version
Download (294Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this research are: (1) determine the distribution of one-way streets in Surakarta, (2) determine the effectiveness of one-way streets in the city of Surakarta. This research uses descriptive methode. Data collection techniques were used: (1) field observations to obtain primary data that parking activity, and the availability of parking spaces, (2) study the documentation to obtain secondary data, which consists of two kinds of documents, which document the spatial and statistical documents. Document the spatial form of the administrative map, land use, and the use of Road Network Map Indonesia RBI (RBI) 1408-343 sheet as the base map (base map), statistical documents obtained from the relevant authorities, which is a level of service, the physical condition of the road, and population density. Data analysis techniques used by scoring method. Variables used to assess the effectiveness of a one-way street that is the condition of service levels, parking conditions, the physical condition of roads, population density, availability of parking spaces and curb land use. Based on the results of this study concluded that all of the data obtained in the study visualized in the form of maps, namely: (1) Distribution Map One-way traffic in the city of Surakarta, provide information about the distribution of oneway streets in the city of Surakarta 2009. In Surakarta has a one-way street spread fairly evenly on each road class, either arterial roads, collector roads and local roads. (2) the results of a study effectiveness Road Map One Direction to provide information about the effectiveness of One-way traffic in Surakarta in 2009. Oneway traffic in Surakarta on each road class has 3 levels of effectiveness. High effectiveness is at Jl. Kartini, Jl.Kalitan, Jl.Slamet Riyadi, Jl.Teuku Umar, Jl.Diponegoro, Jl.Alun-alun Utara, Jl.Kapten Mulyadi and Jl.Kahar Muzakir, effectiveness is at Jl.Hassanudin, Jl.Mayor Sunaryo, Jl.Ronggowarsito, Jl.RM.Said, Jl. Honggowongso, Jl.Gatot Subroto, and Jl.Kyai Gede Solo. And low effectiveness are at Jl.Sutan Syahrir, Jl.S.Parman, Jl. DR.Radjiman, and Jl.RE.Martadinata (3) recommendations / suggestions presented at the Road One Direction Recommendations, which provide information about the location of the parking adjustments to the marking on-street parking spaces in accordance UULLAJ No.22 in 2009 Article 43. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui persebaran jalan satu arah di Kota Surakarta, (2) mengetahui efektivitas jalan satu arah di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi lapangan untuk memperoleh data primer yaitu aktivitas parkir, dan ketersediaan ruang parkir, (2) studi dokumentasi untuk memperoleh data sekunder, yang terdiri atas dua macam dokumen, yaitu dokumen spasial dan dokumen statistik. Dokumen spasial berupa Peta Administrasi, Penggunaan Lahan, dan Jaringan Jalan yang menggunakan Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) lembar 1408-343 sebagai peta dasar (base map), Dokumen statistik diperoleh dari instansi terkait, yang berupa tingkat pelayanan jalan, kondisi fisik jalan, dan kepadatan penduduk. Teknik analisis data yang digunakan dengan metode pengharkatan atau scoring. Variabel yang digunakan untuk menilai tingkat efektivitas jalan satu arah yaitu kondisi tingkat pelayanan jalan, kondisi parkir, kondisi fisik jalan, kepadatan penduduk, ketersediaan ruang parkir dan penggunaan lahan tepi jalan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua data yang diperoleh dalam penelitian divisualisasikan ke dalam bentuk peta, yaitu: (1) Peta Persebaran Jalan Satu Arah di Kota Surakarta, memberikan informasi tentang persebaran jalan satu arah di Kota Surakarta Tahun 2009. Di Surakarta mempunyai sebaran jalan satu arah yang cukup merata di setiap kelas jalan, baik jalan arteri, jalan kolektor maupun jalan local. (2) Hasil penelitian berupa Peta Efektivitas Jalan Satu Arah memberikan informasi tentang tingkat efektivitas Jalan Satu Arah di Kota Surakarta Tahun 2009. Jalan Satu Arah di Surakarta pada tiap-tiap kelas jalan mempunyai 3 tingkat efektivitas. Efektivitas tinggi berada pada Jl. Kartini, Jl.Kalitan, Jl.Slamet Riyadi, Jl.Teuku Umar, Jl.Diponegoro, Jl.Alun-alun Utara, Jl.Kapten Mulyadi dan Jl.Kahar Muzakir. Efektivitas sedang berada pada, Jl.Hassanudin, Jl.Mayor Sunaryo, Jl.Ronggowarsito, Jl.RM.Said, Jl. Honggowongso, Jl.Gatot Subroto, dan Jl.Kyai Gede Solo. Efektivitas rendah berada pada Jl.Sutan Syahrir, Jl.S.Parman, Jl. DR.Radjiman, dan Jl.RE.Martadinata, (3) rekomendasi/saran disajikan pada Jalan Satu Arah Rekomendasi, yang memberikan informasi tentang lokasi penyesuaian parkir terhadap marka ruang parkir pada badan jalan sesuai UULLAJ No.22 Tahun2009 Pasal 43 guna meningkatkan kinerja jalan satu arah di Kota Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 21 Apr 2014 22:21
    Last Modified: 21 Apr 2014 22:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12717

    Actions (login required)

    View Item