EKSPLOITASI BAHASA PADA PENGAJARAN ANAK AUTIS

Djatmika, and Sugini, and Maryadi, (2012) EKSPLOITASI BAHASA PADA PENGAJARAN ANAK AUTIS. JRR, Tahun 20, No.2.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (81Kb) | Preview

    Abstract

    Eksploitasi Bahasa Pada Pengajaran Anak Autis. Penelitian ini melihat kualitas olah bahasa para guru penyandang autis di Surakarta untuk menemukan olah bahasa guru dari sudut pandang linguistik sistemik fungsional. Tiga pembelajaran oleh guru yang berbeda dan tiga penyandang autis yang berbeda diambil sebagai sasaran penelitian. Analisis dilakukan dengan melihat kualitas olah konstruksi gramatika, pemilihan kosa kata, aspek non verbal dan mengikuti aspek verbal yang digunakan untuk pembelajaran pada penyandang autis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi gramatika dan pemilihan kosa kata disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dengan olah bahasa non verbal yang suportif. Language Exploitation in the Instructional of children with autism. The research investigates the quality of language exploitation systemically as strategies conducted by three teachers of autism centre in Surakarta. The aims of the discussion are to describe the language exploitation in stimulate the children to communicate performed by such teachers. Data for the discussion were collected from the parenting session carried out by the teachers for children with autism. The analysis searched the multimodal strategies carried out by the teacher to set up interactions with the child. The results show that in addition to the verbal resources, interactions were established through the non-verbal behavior. The teachers equipped their utterances with body movements, facial gestures as well as paralinguistic resource.

    Item Type: Article
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 21 Apr 2014 21:47
    Last Modified: 21 Apr 2014 21:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12703

    Actions (login required)

    View Item