PEMBERDAYAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INSTAD PADA KEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA

Mumpuni, Kistantia Elok and Prayitno, Baskoro Adi and Karyanto, Puguh and Sugiharto, Bowo (2012) PEMBERDAYAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INSTAD PADA KEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 281-285.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (253Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi strategi pembelajaran INSTAD dalam memberdayakan hasil belajar kognitif biologi. Rancangan penelitian quasi exsperiment dengan desain faktorial 2x2 dan prosedur penelitian pretest-postest non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta. Sampel penelitian dipilih melalui cluster random sampling. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran INSTAD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi baik pada kemampuan akademik atas maupun bawah. Peningkatan siswa akademik atas dengan penerapan INSTAD sebesar 95,30% dan siswa akademik bawah sebesar 115,34%. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, INSTAD, Kemampuan Akademik.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 21 Apr 2014 13:57
    Last Modified: 21 Apr 2014 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12693

    Actions (login required)

    View Item