PEMBELAJARAN BIOLOGI KONTEKSTUAL BERBASIS PARENT’S DAY

, Irwandi (2012) PEMBELAJARAN BIOLOGI KONTEKSTUAL BERBASIS PARENT’S DAY. Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi, 9 (1). pp. 275-280.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (359Kb) | Preview

    Abstract

    Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching Learning, CTL) atau pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.Pembelajaran berbasis Parent’s day atau Hari Orang Tua di sekolah adalah mendatangkan orang tua siswa ke sekolah yang mempunyai keahlian khusus, dimana keahliannya tersebut berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran Biologi Kontekstual berbasis Parent’s Day di sekolah dilakukan dalam tiga tahap yaitu pendahuluan berupa pengajuan topik pembelajaran, pengetahuan awal, pengajuan masalah, dan pengajuan hipotesis kemudian dilanjutkan dengan tahap kegiatan inti yang terdiri dari penyusunan prosedur penyelidikan, pelaksanaan eksperimen, serta diakhiri dengan tahap penutup berupa diskusi kelompok, diskusi kelas, penyerahan laporan hasil eksperimen, dan pemberian tugas rumah. Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, parent’s day

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faisal Dharma Adhinata
    Date Deposited: 21 Apr 2014 13:54
    Last Modified: 21 Apr 2014 13:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12691

    Actions (login required)

    View Item