SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DENGAN METODE PROMETHEE

SULISTIYONO, HARI (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DENGAN METODE PROMETHEE. Other thesis, Universitas Sevelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (789Kb) | Preview

    Abstract

    SMK N 2 Kebumen enrolment for new students is developed by selecting new student based on some criteria, to get the best students. Recently, selection process in SMK N 2 Kebumen is using the weight method, so the process is appropriate yet because the highest value is not always the best on other criteria. From the problems above, then should be developed the new method for the right rank. Promethee is one of the ranking methods which designed to deal with quantitative and qualitative criteria at once. Decision Support System with Promethee method was tested selection of new students of SMK Negeri 2 Kebumen. The criteria used in Promethee process consists of three categories, Academic Potential Test, Non-Academic category that are consists of running and interviews, UN category, and the category achievements. Experiments were performed 12 times with p and q are in different ratio. In the experimental results using type 3 of results obtained average compliance percentage of students who received all the same that is 97.339%, this shows that differences in the parameter type 3 is not significant. In the experimental results using a type 5, obtained percentage of students who received different suitability of each experiment. Experimental q and p with a ratio of 1:3, the results of comparison testing promethee method with the results of the school obtained the highest average yield is 97.55%. Experiments 1:3 is the best experiments in this study because it can provide results closer to reality than the other scenarios. Keywords: Parameter, Promethee, Type of Preferences ABSTRAK Penerimaan siswa baru SMK N 2 Kebumen dilakukan dengan mengadakan seleksi yang terdiri dari beberapa kriteria, guna mendapatkan siswa yang terbaik dari calon siswa yang mendaftar. Saat ini proses seleksi di SMK N 2 Kebumen menggunakan metode pembobotan, sehingga hasil seleksi yang kurang tepat karena nilai yang rangkinganya tertinggi belum tentu terbaik pada kriteria yang lainnya. Dari permasalahan yang dihadapi, maka perlu dikembangkan perangkingan dengan metode baru. Promethee merupakan salah satu metode perangkingan yang dirancang untuk menangani kriteria kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Promethee dilakukan berdasarkan jenis kriteria yang diuji pada seleksi penerimaan siswa baru SMK Negeri 2 Kebumen. Kriteria yang digunakan pada proses Promethee terdiri dari tiga kategori yaitu kategori Tes Potensi Akademik, kategori Non Akademik terdiri dari lari dan wawancara, kategori UN, serta kategori Piagam. Eksperimen dilakukan sebanyak 12 kali dengan perbandingan p dan q yang berbeda-beda. Pada hasil eksperimen menggunakan tipe 3 diperoleh hasil rata-rata prosentase kesesuaian siswa yang diterima semua sama yaitu 97,339%, hal ini menunjukkan bahwa perbedaan parameter pada tipe 3 tidak berpengaruh secara signifikan. Pada hasil eksperimen menggunakan tipe 5, diperoleh prosentase kesesuaian siswa yang diterima berbeda tiap eksperimen. Eksperimen q dan p dengan perbandingan 1:3, hasil perbandingan pengujian metode promethee dengan hasil sekolah diperoleh hasil rata-rata tertinggi yaitu 97,55%. Eksperimen 1:3 merupakan eksperimen yang terbaik dalam penelitian ini karena mampu memberikan hasil mendekati kenyataan dari skenario lain. Kata kunci: Parameter, Promethee, Tipe preferensi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 21 Apr 2014 13:42
    Last Modified: 21 Apr 2014 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/12684

    Actions (login required)

    View Item